Datsun Bilang Pasar Otomotif Indonesia Unik

king-datsun

Datsun Business Unit, anak perusahaan Nissan Motor Corporation yang berbasis di Jepang, menilai pasar otomotif Indonesia sangat unik dari segi kapasitas mobil serta kebiasaan konsumen memperlakukan kendaraannya.

“Indonesia merupakan pasar yang berbeda dibandingkan negara-negara lain. Sangat unik,” kata Corporate Vice President Datsun Business Unit Jose Roman dalam bincang-bincang media di Jakarta, Rabu.

Hal unik pertama yang dilihatnya, dari pilihan mobil orang Indonesia adalah kapasitas penumpang.

“Dari tipe mobil yang dijual, MPV (multi purpose vehicle) tujuh penumpang, di Indonesia itu sangat banyak dan kebiasaan ini tidak dijumpai di pasar negara-negara lain,” kata Jose.

Datsun menilai masyarakat Indonesia sangat mementingkan keluarga saat berpergian.

“Menurut penilaian kami, keluarga sangat penting bagi orang Indonesia. Itu sangat unik. Di jalanan, Anda melihat mobil tujuh penumpang di mana-mana,” ujar mantan petinggi General Motors itu.

Keunikan lainnya, lanjut Jose, dari segi perlakuan konsumen Indonesia terhadap mobilnya, seperti modifikasi dan penggunaan aksesori.

“Mereka melakukan banyak hal terhadap mobilnya, termasuk menggunakan aksesori sebanyak mungkin, sehingga menjadi unik dan berbeda dari punya orang lain serta tampil lebih sporty,” ucapnya.

“Menurut saya itu fantastis. Kebanyakan negara lain hanya memakai mobil dengan tampilan standar dari pabrik,” imbuh Jose.