FAST, Teleskop Raksasa di Tiongkok

FAST , Teleskop Raksasa di Tiongkok (3)

Berdiri di propinsi Guizhou, Tiongkok, sebuah teleskop raksasa akhirnya diresmikan pengoperasiannya oleh pemerintah Tiongkok.  Teleskop bernama Five-Hundred-meter Aperture Spherical Telescope (FAST) ini berukuran 5.000 meter dan dibuat dengan misi untuk menjelajah luar angkasa.

FAST merupakan teleskop yang memiliki telinga supersensitif untuk mendeteksi pesan yang amat lemah.  Sehingga mampu mendeteksi gelombang elektromagnetik berkualitas tinggi yang dikirim dari pulsar berjarak 1.351 tahun cahaya dari Bumi.

FAST , Teleskop Raksasa di Tiongkok (4)

Dikabarkan sebelumnya pemerintah Tiongkok harus merelokasi 8 ribu penduduk yang hidup di wilayah tersebut untuk membangun teleskop berukuran raksasa yang setara dengan luas 30 lapangan sepakbola dan terbuat dari 4.450 panel.

Permukaan panel-panel tersebut aktif dan dapat disesuaikan untuk melakukan survey langit yang lebih luas.  FAST memiliki 19-beam receiver dengan ketinggian 140-160 meter yang dikembangkan bersama Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) dari Australia.

FAST , Teleskop Raksasa di Tiongkok (1)

Ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah Tiongkok dalam menggarap proyek luar angkasanya yang berencana hendak menerbangkan pesawat luar angkasa Rover miliknya ke Mars.  Rover direncanakan akan mendarat di Planet Merah pada tahun 2020 mendatang dan ditugaskan untuk mengumpulkan data terkait tanah & atmosfer Mars, termasuk tanda-tanda kehidupan di dalamnya.

FAST , Teleskop Raksasa di Tiongkok (2)

Source : gbtimes.com