Furion M1, Motor Hybrid Bermesin Rotari

furion-m1-motor-hybrid-5

Pernah diaplikasikan pada motor Suzuki RE5 di tahu 70-an, sepertinya pemakaian mesin rotary pada sepeda motor kembali dilakukan.  Yup, ide tersebut digagas oleh perusahaan asal Prancis di wilayah Mancelle, yaitu Furion Motorcycles.  Namun kali ini ide tersebut disempurnakan dengan menyematkan teknologi bertenaga listrik sebagai tambahan.

furion-m1-motor-hybrid-1

M1 menjadi model hybrid pertama yang dihasilkan dengan kombinasi mesin rotary dan motor listrik.  Mesin berkapasitas 654 cc dual-rotor yang digunakan dapat menghasilkan tenaga 125 hp pada putaran mesin 9.000 rpm.  Penambahan motor listrik semakin memperbesar tenaga total menjadi 180 hp.  Sementara torsi yang dihasilkan sebesar 105 Nm pada 6.000 rpm, dan melonjak menjadi 205 Nm ketika ditambahkan motor listrik.

furion-m1-motor-hybrid-2

Bobotnya pun tergolong ringan, hanya 209 kg dengan tanki berkapasitas 16 liter terisi penuh.  Bahan bakar tersebut dapat digunakan untuk menempuh perjalanan sejauh 400 km berkat pemakaian teknologi hybrid.

furion-m1-motor-hybrid-4 furion-m1-motor-hybrid-3

Tersedia dua pilihan pengaturan Mode Sport dan Long Range yang dapat mengoptimalkan sistem jika memerlukan tenaga penuh atau efisiensi bahan bakar yang maksimal berkat penggunaan 5 Lithium-ion baterai di bawah jok.

Namun sayang Furion belum mengumumkan kapan motor buatannya akan dijual secara resmi.

 

Source : Autoevolution