Musik dari 2000 Kelereng

Wintergarten Marble Machine (2)

Seorang musisi asal Swedia, Martin Molin telah memiliki segudang pengalaman pada alat musik instrumen esoteric; seperti glockenspiel, traktofon atau theremin.  Dan ia telah mencapai kecakapan bermusik dengan penemuan alat musiknya sendiri, yaitu Wintergaten Marble Machine.  Sebuah alat musik instrument tangan yang terdiri dari 2000 buah kelereng berbahan logam.

Wintergarten Marble Machine (5) Wintergarten Marble Machine (3)

Alat musik buatannya dapat menghasilkan beberapa macam suara, seperti vibraphone, back, kick drum, cymbal dan instrumen lainnya yang dapat memainkan nada yang diprogram dalam 32 bar lompatan menggunakan teknik seperti Lego.  Sementara kelerengnya dipindahkan melalui bagian dalam mesin menggunakan corong, katrol dan tabung.

Wintergarten Marble Machine (10) Wintergarten Marble Machine (4)

Molin mulai mengerjakan mesin instrumen kelerengnya pada Agustus 2014.  Ia juga berharap dapat menyelesaikan proyeknya dalam waktu 2 bulan kedepan.  Namun kenyataannya menjadi sulit, karena 3000 bagian internal pada alat mesinnya dirancang dan dibuat menggunakan proses handmade.

Wintergarten Marble Machine (1) Wintergarten Marble Machine (9)
Wintergarten Marble Machine (7) Wintergarten Marble Machine (6)

Molin akhirnya berhasil mneyelesaikan proyeknya dalam waktu 14 bulan.  Pada versi awal, Molin merancang mesinnya menggunakan software 3D, sehingga memudahkan baginya untuk membuat keseluruhan bagian alat music dalam tampilan ala Frankenstein.

Wintergarten Marble Machine (8)

Sang musisi pun secara rutin mengupdate kemajuan alat musiknya pada Youtube.  Tanpa mengurangi ketertarikan pada alat musik seperti Wintergaten Marble Machine, tapi jangan berharap melihat penampilan alat musik tersebut dalam waktu dekat.  Karena untuk memindahkannya alat musik tersebut harus harus dibongkar seluruhnya.

Untuk itu Molin masih harus terus menyempurnakan dan berharap bisa membuat perangkat musik tambahan tidak hanya dengan ukuran yang lebih kecil tapi juga mudah untuk dipindahkan.

Source : Thisiscolossal