Stealth Jet Inspiration

fb-stealth-jet-inspiration-fikki-himawan-rws-mbtech-2

Kisah dibalik pembuatan jok custom milik sang Juara 2 MBtech Online Design Contest Riding With Style 2017 (MODCRWS), Fikki Himawan ini cukup menarik. “Waktu itu lagi kehabisan ide mau bikin jok model apa untuk kontes, tiba-tiba diatas bengkel lewat pesawat terbang, langsung ide saya nongol mas,” tutur seatmaker asal Cirebon, Jawa Barat ini.

Tidak pakai lama Fikki langsung browsing di google mencari contoh-contoh pesawat yang cocok sama desain motor Yamaha Aerox 155 miliknya. Akhirnya setelah lelah berselancar di dunia maya, ia dapat inspirasi pesawat tempur F-177A Nighthawk Stealth Fighter milik angkatan udara Amerika Serikat sebagai acuan membuat jok modifikasi berbahan MBtech Riders dan MBtech Premium – Carrera.

stealth-jet-inspiration-fikki-himawan-rws-mbtech-3

Secara basis jok Aerox 155 masih dipertahankan, “kira-kira 80% busanya tetap terpakai,” lanjutnya. Lalu 20% bagian busa jok lainnya di buat ulang di atas rangka fiberglass. Komponen tambahan itu terpasang di ujung jok atau jambul, di kedua sisi samping bagian depan dan jok pembonceng. Fikki pun tak lupa melapis semua fiber dengan busa matras dan bahan MBtech Riders warna Black (MBRC 2301) , Red (MBRC 2305) , White (MBRC 2303) serta MBtech Premium – Carrera warna Black (MBPC 1001) .

stealth-jet-inspiration-fikki-himawan-rws-mbtech-4

Nah untuk bagian non fiber seperti dasar jok memiliki desain streamline yang aerodinamis persis lekuk tubuh sang pesawat tempur, maka dari itu pola jok dibuat tegas agar kesan tangguh tercipta. Menariknya jok Stealth karya Fikki tidak murni berkelir gelap seperti F-177A, justru jok ini tampil sporty  lewat komposisi warna yang ceria, Merah, Putih dan Hitam.

stealth-jet-inspiration-fikki-himawan-rws-mbtech-1

Jok Stealth ini diam-diam memiliki keunikan seperti kalau mau dipecah komponen joknya akan terurai sejumlah 20 keping bagian jok. Kemudian pada bagian tempat duduk pembonceng dapat dilepas hanya dengan membuka baut-bautnya dan bisa digantikan cover fiber single seater. Wow, inovatif juga nih!

stealth-jet-inspiration-fikki-himawan-rws-mbtech-6

Terakhir Fikki mengakui proses pembuatan joknya hanya dikerjakan selama 3 hari penuh demi mengejar deadline kontes MODCRWS 2017 dan setidaknya jok berbanderol Rp 2,5 juta ini telah terpesan sejumlah 5 unit.