The Worlds First Underwater Tunnel

1st Underwater Tunnel (3)

Tentu saja menggelontorkan dana sebesar $25 trilyun merupakan angka yang sangat besar, tapi itu sepadan dengan proyek yang akan dikerjakan.  Sejauh ini Norway Atlantic Road menjadi daftar teratas sebagai jalan paling berbahaya.  Penyebabnya adalah kemungkinan terjadinya kecelakaan dan korban jiwa yang bisa disebabkan oleh bentuk jembatan curam bersinggungan dengan pinggir laut dan hanya bisa dilalui oleh satu atau dua buah mobil.

1st Underwater Tunnel (6)

Ternyata jalan tersebut bukan satu-satunya yang akan dibangun.  Karena saat ini telah disediakan dana $25 trilyun yang akan digunakan untuk membangun jaringan terowongan bawah air.  Akan dibangun sebagus jalan Atlantic Road, pembangunan jembatan Norway Atlantic Road menjadi pemanasan bagi para insinyur sebelum mulai dibangunnya terowongan.  Sehingga dengan adanya terowongan akan  memangkas waktu tempuh yang biasa terbilang lama jika menggunakan kapal ferry.

1st Underwater Tunnel (1) 1st Underwater Tunnel (7)

Terowongan yang dibuat terdiri dari dua tabung, untuk jalur pergi dan pulang  dan setiap tabung berisikan dari dua jalur mobil.  Posisi terowongan akan berada 100 kaki dibawah air dan ditahan oleh ponton yang mengapung di sepanjang permukaan.  Pada daerah yang aman, nantinya terowongan akan diikatkan ke dasar laut.

1st Underwater Tunnel (5) 1st Underwater Tunnel (2)

Meskipun terlihat seperti cara yang ekstrem untuk menyingkat waktu jika menaeki kapal ferry, tapi setidaknya dapat dijadikan sebagai alternative.  Karena membuat jembatan juga terdengar mengerikan karena kendala cuaca, lanskap berbatu serta banyaknya perahu yang akan lewat dibawah jembatan.  Membangun terowongan pun tidak bisa dibilang bebas masalah.

1st Underwater Tunnel (4)

Tapi sebelum pembangunan para insinyur harus menemukan cara untuk menjaga para pengendara aman  jika terkena gangguan  perubahan cuaca, gelombang dan arus.  Jika selesai sesuai perkiraan ditahun 2035, maka kita mulai dapat mendengarkan suara mesin supercar V12 bergema dari dinding terowongan dan menjadi pengalaman mengesankan.  Tentunya itu pun jika masih ada mesin V12 di tahun 2035.

Source : CarBuzz