Toyota Gazoo Racing

toyota-gazoo-racing-2

Pada saat media launch Toyota Team Indonesia di Jakarta, Selasa (14/3), ada satu nama baru yang terselip di background acara yaitu “Toyota Gazoo Racing”.  Apakah itu ?

“Toyota Gazoo Racing adalah semacam payung besar dari dunia balap Toyota.  Tujuannya selain mendukung seluruh aktivitas motorsport Toyota di seluruh dunia, keberadaan Toyota Gazoo Racing juga memiliki misi untuk membantu Toyota dalam mengembangkan mobil–mobil baru yang lebih baik lagi, baik dalam hal teknologi maupun durabilitas yang tinggi,” kata Rouli Sijabat, Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor.

Di tahun 2017 ini sendiri, setelah absen 18 tahun, Toyota Gazoo Racing akhirnya kembali turun di kejuaraan reli paling bergengsi di dunia FIA World Rally Championship (WRC).  Dalam pengembangannya, Toyota Gazoo Racing menggandeng juara dunia Tommi Makkinen untuk mengoptimalkan performa Toyota Yaris WRC.

toyota-gazoo-racing-1

Hasilnya pada tiga seri yang telah dilakukan, pereli handal dari Toyota Gazoo Racing WRC yaitu Jari-Matti Latvala berhasil memimpin klasemen pebalap WRC 2017 dengan nilai 48.

“Meski menjadi payung besar dunia motorsport Toyota, namun keberadaan Toyota Gazoo Racing tetap menghormati dan menghargai aktivitas motorsport Toyota di masing–masing negara.  Misalnya di Indonesia sudah ada Toyota Team Indonesia, keberadaan Toyota Gazoo Racing lebih kepada memberikan dukungan yang dibutuhkan,” pungkas Rouli.  (ktb)