11 Fitur Baru Android 11

Akhirnya Google meluncurkan Android 11 ke dunia, sistem operasi mobile penerus dari Android 10 ini punya 11 fitur baru yang menarik. Pastinya fitur tersebut membuat ponsel semakin mudah digunakan, lebih privasi dan punya banyak keunggulan lainnya.

11 fitur baru yang menarik ada di bawah ini:

  1. Conversation Notification : kini users dapat tetap terhubung dengan rekan atau orang tersayang di satu titik lokasi tempat mengobrol lewat pesan digital. Bahkan Anda bisa memilah percakapan mana yang penting untuk di jawab lewat menu tersebut.
  2. Bubbles : dengan tampilan antar muka baru, user dapat membuka percakapan secara bersamaan dan menggunakannya pun cukup mudah
  3. Built-in screen recording : Sekarang user dapat menangkap momen penting dan membagikan apa yang terjadi di ponsel Anda. Rekam suara dengan mikrofon, perangkat di Android 11 dapat melaksanakannya.
  4. Device Control : User dapat mengakses semua akses melalui perangkat ponsel di satu lokasi. Cukup menekan tombol power.
  5. Media control : Kini mengalihkan suara music dari headphones ke speaker tambahan via Bluetooth diluar perangkat ponsel menjadi lebih cepat tanpa jeda, sehingga musik tidak terputus nadanya.
  6. Android Auto : Berkendara bersama Android 11 semakin menyenangkan, fitur ini bisa bekerja nirkabel asal ponsel itu sesuai dengan head unit mobil Anda. Menu navigasi, berkirim pesan suara atau mendengarkan musik kegemaran tidak sulit dilakukan.
  7. One-time Permission : Memungkinkan users memberikan ijin mengakses menu mikrofon, kamera, dan lokasi dengan satu sentuhan.
  8. Auto Reset : Sekarang aplikasi yang diinstall di ponsel dan Anda melupakannya, maka Android akan memberikan notifikasi, ‘apakah ingin digunakan atau dihapus’.
  9. Google Play System Update Module: Secara otomatis Google bisa memperbarui keamanan dan privasi langsung ke ponsel Anda. Hal ini seperti Anda mengupdate aplikasi secara mandiri.
  10. Privacy Protection : Android 11 memberikan perlindungan data dan akses ke bagian penyimpanan. Baik untuk keperluan pribadi maupun pengguna Android Enterprise. Sehingga saat teknisi IT mengakses data perusahaan tidak akan bisa melihat data pribadi Anda.
  11. Jika Anda pengguna Pixel 2 atau di atasnya, Google akan memberikan tambahan fitur untuk mengatur konten di ponsel.

Android 11 sudah berjalan perhari ini di ponsel pintar yang diproduksi oleh Pixel, OnePlus, Xiaomi, OPPO dan realme. Sedangkan ponsel pintar lainnya akan mendapat gilirannya tak lama lagi.