Posted on by @rief

5G Tawarkan Kecepatan 100 Kali Lebih Cepat

Indonesia secara resmi mencicipi jaringan 5G pada akhir Mei melalui operator Telkomsel sebagai penyedia jaringannya. Namun untuk awalnya jaringan yang menawarkan koneksi berkecepatan tinggi ini hanya bisa dinikmati di sejumlah wilayah saja termasuk Jabodetabek. Walau sudah di depan mata, nyatanya masih banyak masyarakat awam yang belum mengetahui keunggulan jaringan 5G.

Dilansir dari berbagai sumber, generasi kelima jaringan seluler ini menawarkan kecepatan internet tinggi hingga 100 kali lebih cepat jaringan 4G. Keren kan. Dengan begitu pengguna dapat menikmati kecepatan unduh file hingga gigabit per detik, jauh lebih besar dari puluhan megabit per detik yang ada pada jaringan 4G.  Sehingga gejala delay tidak akan dirasakan.

Dengan keunggulan tersebut, banyak operator seluler tergiur dan berlomba membangun infrastruktur layanan 5G. Namun untuk menikmati layanan 5G yang ditawarkan, pastikan smartphone yang digunakan sudah mendukung jaringan di spectrum frekuensi  2,3 GHz. Tidak hanya pada teknologi seluler, jaringan 5G juga dapat diaplikasikan pada mobil otonom yang membutuhkan jaringan berkecepatan tinggi dalam berinteraksi.

Jaringan 5G juga memiliki bandwidth yang lebih besar, sehingga layanan dapat menghubungkan lebih banyak perangkat dalam sekali waktu. Disebutkan mencapai 1 juta perangkat per kilometer persegi. Kelebihan lainnya adalah menghemat penggunaan konsumsi power hingga 10%.

Diharapkan hadirnya teknologi jaringan 5G bisa membawa manfaat besar dalam kehidupan dan berbagai sektor kehidupan. Termasuk teknologi internet of things (IoT), drone, mobil otonom, robot, teknologi augmented reality dan lainnya.

 


Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store