Ada Yang Beda di All New Ertiga

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan All New Ertiga, pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, sebagai model terbaru dari kendaraan keluarga yang telah mengaspal sejak 2012.

All New Ertiga yang menjadi pesaing Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander dan Honda Mobilio, tampil dengan tampang serba baru diikuti perubahan mesin yang diklaim semakin irit bahan bakar.

“All New Ertiga hadir dengan perubahan signifikan dari pendahulunya. Pada bagian eksterior, All New Ertiga memiliki dimensi yang lebih panjang 130 mm, lebar 40 mm, tinggi 5 mm dan lebih ringan,” ucap Marketing Director 4Wheel PT SIS Donny Saputra di Jakarta.

Selain dimensi yang lebih besar, Ertiga terbaru juga terlihat lebih segar dengan grill depan yang lebih tinggi dan lebar, garis bahu yang dinamis, lekukan lebih dalam, bodi aerodinamis, dan aksen krom.

Mobil ini menggunakan platform HEARTECT generasi baru yang sebelumnya digunakan pada Suzuki Swift guna menambah kestabilan berkendara berkat platform yang lebih ringan namun semakin kokoh dan rigid.

“All New Ertiga juga hadir dengan mesin terbaru yang memberikan efisiensi maksimal dalan konsumsi bahan bakar,” ujarnya.


Fitur

All New Ertiga dilengkapi Electronic Stability Program (ESP) sebagai teknologi yang memadukan pengereman optimal dan kestabilan saat melaju di jalan licin, berbelok, dan mencegah over-steer serta under-steer.

Ada juga fitur Hill-Hold Control yang mencegah mobil mundur saat berada dipermukaan yang miring. Anti-lock Braking System yang mencegah penguncian roda saat terjadi pengereman mendadak, serta Eletronic Brake force Distribution yang membagi besarnya gaya pengereman pada masing-masing roda sesuai beban dan kondisi pada roda.

Di bagian interior, All New Ertiga dilengkapi desain dashboard bermodel ornamen kayu yang semakin lengkap dengan Head Unit Touch Screen. Desain flat bottom steering wheel baru yang dilapisi aksen kulit menghadirkan kesan lebih modern, stylish sekaligus elegan.

Mesin

Mesin All New Ertiga disempurnakan dengan mesin baru berkode K15B. Mesin itu diklaim memberikan lebih banyak tenaga menjadi 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138Nm di 4.400 rpm.

Mesin baru itu membuat performa lebih responsif saat berjalan di berbagai medan serta irit BBM karena hasil konsumsi bahan bakar All New Ertiga hanya 16,73 km/liter pada transmisi automatic dan 18,09 km/liter untuk transmisi manual berdasarkan uji coba tes BT2MP.

Soal emisi, All New Ertiga menggunakan Multi Point Injection yang sudah memenuhi standarisasi EURO 4.

All New Ertiga menggunakan platform suspensi depan McPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring. Suspensi depan meredam guncangan secara signifikan di jalanan rata maupun bergelombang, suspensi belakang menjaga kestabilan All New Ertiga saat berbelok dalam kecepatan tinggi.

All New Ertiga hadir dengan dua pilihan warna baru yaitu Glorious Brown Pearl Metallic dan Magma Grey Metallic, yang melengkapi lima warna versi sebelumnya antara lain Snow White Pearl, Radiant Red Pearl, Silky Silver Metallic, Burgundy Red Pearl dan Cool Black Pearl Metallic.

copyright © antara 2018