Air Jordan I Favorit Sepanjang Masa

Andai Nike tidak memproduksi sepatu basket yang memenuhi keinginan dari pebasket muda, Michael Jordan saat awal bergabung dengan Chicago Bulls di tahun 1984 silam, mungkin pamor ‘Air Jordan’ tidak akan muncul atau menjadi legendaris hingga sekarang.

Sneakers berdesain klasik dan punya siluet simpel ini pertama kali hadir di tahun 1985, warna AJ (Air Jordan) 1 ketika itu diambilkan dari warna jersey Chicago Bulls yang dipakai oleh Jordan #23, yaitu hitam, merah dan putih. Sedangkan desainer sepatunya adalah Peter Moore.

Perjalanan AJ 1 di dunia tak terasa sudah menyentuh angka 35 tahun. Bagi sebuah produk, usia tersebut tergolong panjang, jadi jangan kaget hingga kini banyak pemburu sneakers yang mengoleksi AJ 1.

Serunya, alasan nostalgia atau ‘kejebur’ di dunia lifestyle sneakers, sering dijadikan tameng kenapa mengoleksi Air Jordan 1. Makin menarik di semua varian yang dirilis Nike di AJ 1 mempunyai cerita dibalik warna yang dikeluarkan serta sejarahnya, itulah daya tariknya.

Citra yang dibangun oleh Nike terhadap AJ1 terbilang sukses bertahan di tengah gempuran model sneakers lain. Tanpa disadari AJ1 juga dapat dijadikan sebuah investasi bagi pemiliknya. Buktinya ada sebuah AJ1 yang pertama rilis terjual miliaran rupiah di sebuah lelang.

Di Indonesia pun harapan sneakers head untuk memiliki AJ1 High secara normal atau retail di toko Nike atau sejenisnya dipastikan akan sulit terwujud. Biasanya mereka menjualnya secara raffle, para penyuka sneaker dengan rela mengantri untuk membeli AJ 1 High yang dirilis pada waktu itu.

Air Jordan 1 High sering dijadikan kanvas corat-coret oleh desainer fashion hingga selebritis dunia. Contoh terakhir yang sukses membuat kaget harga jualnya adalah AJ 1 Dior, lalu ada juga edisi AJ 1 Travis Scott, AJ 1 Off-White dan sebagainya.

Sepatu yang punya emboss “Wings logo” di bagian mata kakinya tersebut terus dikeluarkan untuk memberikan kesempatan para pecinta Air Jordan yang dulu tidak bisa membeli. Nah sekarang tinggal Anda yang menentukan ingin varian apa yang dimiliki, karena Nike rajin merilis AJ 1 High setiap tahunnya lebih dari 2 varian.