Aktor Robert Redford Akan Pensiun Dari Akting

Pemenang piala Oscar Robert Redford akan pensiun dari dunia akting menyusul rilis filmnya yang terbaru musim gugur ini “The Old Man & The Gun,” kata aktor berusia 81 tahun itu kepada Entertainment Weekly yang dipublikasikan, Senin.

Redford, yang dikenal dalam film seperti “Butch Cassidy and the Sundance Kid” dan “Out of Africa,” bermain sebagai perampok bank berpengalaman dalam film baru, yang dijadwalkan akan debut di bioskop pada September.

“Jangan pernah mengatakan tidak pernah, tapi saya cukup menyimpulkan bahwa ini akan menjadi yang terakhir dalam hal akting, dan (saya akan) menuju pensiun setelah ini karena saya telah melakukannya sejak saya berumur 21,” kata Redford kepada majalah tersebut.

“Saya kira, sudah cukup. Dan mengapa tidak keluar dengan sesuatu yang sangat optimis dan positif?” tambahnya.

Pada film tersebut, Redford memerankan Forrest Tucker, seorang kriminal karir dalam kehidupan nyata yang tertangkap merampok bank 17 kali. Setiap kali ia dipenjara namun ia berhasil kabur.

“Bagi saya, itu adalah karakter yang luar biasa untuk dimainkan pada titik ini dalam hidup saya,” kata Redford mengenai Tucker, yang merampok selama lebih dari 60 tahun.

“Ini membuat saya heran: Saya bertanya-tanya apakah ia tidak menghindar dari tertangkap sehingga ia bisa menikmati sensasi hidupnya, yakni melarikan diri?”

Redford mendapat terobosan layar lebar pada 1967 dengan peran dalam “Barefoot in the Park” dengan lawan main Jane Fonda, dan dia memperkuat ketenarannya dengan peran dalam film klasik seperti “The Sting” dan “All The President’s Men.”

Pada 1980, ia memenangi Academy Award untuk debutnya sebagai sutradara “Ordinary People” dan pada 2002 ia menerima Oscar untuk kategori Lifetime Achievement.

Mengenai apakah ia juga akan pensiun dari penyutradaraan, Redford mengatakan: “Kita akan lihat, mengenai itu,” demikian dikutip dari Reuters.

copyright © antara 2018