Aktris “Superman” Margot Kidder Tutup Usia

Aktris Margot Kidder, dikenal lewat aktingnya sebagai Lois Lane di film “Superman” era 1970-an dan 1980-an telah wafat pada usia 69 tahun.

Manager Kidder, Camilla Fluxman Pines, mengatakan sang aktris meninggal secara damai dalam tidurnya, Minggu waktu setempat, di rumahnya di Livingston, Montana. Penyebab kematiannya tidak diungkapkan.

Kidder yang lahir di Kanada telah berakting dalam lebih dari 70 film dan serial televisi, termasuk “The Great Waldo Pepper,” “The Amityville Horror” dan serial televisi anak “R.L. Stine’s The Haunting Hour,”  (2014) yang membuatnya mendapatkan penghargaan Emmy.

Kidder memulai karir dalam dunia akting pada usia 20-an dan popularitasnya langsung melejit ketika berperan sebagai reporter Lois Lane dalam “Superman” 1978, beradu akting dengan Christopher Reeve, juga dalam tiga sekuel berikutnya.

“Terima kasih telah menjadi Lois Lane yang tumbuh bersama banyak dari kami,” tulis DC Comics, rumah dari franchise “Superman”, dalam akun Twitter.

Aktor “Star Wars” Mark Hamill mencuit “di layar dia adalah keajaiban. Di balik layar dia adalah perempuan paling ramah, manis dan peduli yang pernah saya kenal.”

Reeve meninggal pada 2004 akibat kompilasi dari cedera saraf tulang belakang pada 1995. Yayasan Reeve, yang mendanai riset tentang cedera seperti itu, mengatakan mereka berduka atas kematian Kidder.

“Terbanglah tinggi, kawanku, bersinarlah terang,” kata mereka seperti dikutip Reuters.

Kidder tidak bisa bekerja selama dua tahun setelah mengalami kecelakaan mobil pada 1990, akhirnya dia jadi bangkrut, Enam tahun kemudian, dia menderita gangguan kesehatan mental dan pernah menghilang selama empat hari dan menghabiskan waktu sebagai tunawisma. Kemudian Kidder didiagnosa menderita bipolar.

Tidak ada tawaran akting yang datang selama beberapa tahun, tapi Kidder bangkit lagi dengan jadi bintang tamu di serial televisi seperti “Smallville” dan “The L Word” juga di panggung seperti produksi Broadway “The Vagina Monologues” (2002).

Dia juga seorang aktivis politik, berkampanye melawan Perang Teluk, dia juga mendukung Bernie Sanders dalam pemilihan presiden AS 2016 silam.

Kidder jadi warga negara Amerika pada 2005. Dia sudah menikah tiga kali, termasuk pernikahan enam hari pada 1979 bersama aktor John Heard.

copyright © antara 2018