Alasan Nissan IDx Nismo Concept Tak Jadi Diproduksi

Jika Anda ingat Nissan pernah memajang mobil konsepnya Tokyo Motor Show pada tahun 2013, yakni IDx Nismo Concepts. Saat ditampilkan, mobil tersebut dikabarkan akan menjadi konsep mobil sport yang sangat baik dari Nissan. Hadir dengan tampilan dua pintu, bodi coupe dan memiliki penggerak roda belakang.

Dari desain yang ditampilkan, banyak yang mengira jika model tersebut merupakan penerus dari Datsun 510 yang melegenda. Berbagai masukan dan antusias besar dari para penggemar Nissan terus diterima setelah model ini dipamerkan. Sampai akhirnya Nissan memutuskan untuk tidak jadi memproduksi IDx Nismo.

Alasan konkret yang diberikan oleh Nissan adalah walau banyak peminat, tapi Nissan merasa jika mobil tersebut tidak memiliki pasar yang cukup besar. Lalu model penggerak roda belakang saat itu dirasa terlalu riskan karena akan bersaing dengan model FT86 dari Toyota yang saat itu juga sedang booming. Termasuk model 370Z yang juga menjadi lineup andalan lain dari Nissan.

Dan alasan terakhir adalah tidak adanya pabrik yang siap memproduksi model ini. Hanya pabrik Nissan Tochigi yang memiliki kemampuan untuk memproduksi, sementara saat itu pabrik tersebut sudah disibukkan dengan memproduksi model 370Z, Skyline dan juga GT-R. Berdasarkan kenyataan tersebut membuat para insinyur Nissan akhirnya menunda dan batal untuk memproduksi model IDx Nismo Concpet.

Source : Motor1