Apa Itu Kamera Bawah Layar Teknologi Yang Akan Dipakai Galaxy Fold 2

Beredar rumor Galaxy fold 2 akan meneruskan suksessornya yaitu Galaxy Fold  Tak lama setelah Samsung merilis ponsel layar lipatnya yang kedua Galaxy Z Flip. Samsung menyebut project ini bernama kode Champ. Teknologi ini dimulai penelitiannya pada 2017. Kita tahu bahwa tahun 2017 adalah tahun di mana layar penuh sudah jadi sesuatu yang trendy berkat iPhone X dengan notch besutannya.

Karena ini adalah sebuah kamera yang ada di bawah layar, yang kameranya harus menembus layar untuk menangkap gambar, beberapa hardware khsusus disiapkan untuk teknologi ini. Mulai dari modul kamera khusus agar cahaya bisa menembus layar, sensor yang lebih besar, bukaan atau aperture yang lebih lebar, serta piksel yang lebih besar pula.

Software juga salah satu hal yang penting. Pasalnya, kamera di bawah layar membutuhkan banyak sekali pemrosesan untuk memberikan hasil maksimal. Penggunaan kamera di bawah layar ini membuat ponsel bisa tampil dengan layar penuh tanpa memerlukan notch meski masih mempunyai kamera depan.

Untuk soal spesifikasi, menurut pembocor ulung @ishanagarwal24 di jejaring sosial Twitter, Galaxy Fold 2 kabarnya masih akan dipersenjatai dengan chipset “lawas” dari Qualcomm, yakni Snapdragon 855, alih-alih Snapdragon 865 seperti rumor yang santer beredar.