Apple Jual iPhone 12 Tanpa Charger?

Foto: Apple

Akhirnya Apple resmi meluncurkan iPhone 12 terbarunya. Ada empat versi yang dikeluarkan sekaligus, yakni iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. iPhone 12 memiliki beberapa pembaharuan dari versi sebelumnya, seperti design, warna, hingga teknologi 5G yang disematkan.

Empat varian iPhone 12 tersebut dibanderol dengan harga mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Semua varian hadir dalam desain casing hp premium dan telah bisa didapatkan di berbagai distributor resmi, baik online maupun offline.

Pre-order iPhone 12 dan iPhone 12 Pro akan dimulai pada 16 Oktober 2020 dan akan dijual secara resmi pada 23 Oktober 2020. Sementara, pre-order iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro Max akan dimulai pada 6 November 2020 dan dijual secara resmi pada 13 November 2020.

Foto: Apple

Uniknya, produk iPhone 12 terbaru ini hadir tanpa charger dan AirPods dalam paket penjualan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan yang dihasilkan oleh ponsel tersebut. Sebagai gantinya, konsumen akan mendapatkan kabel USB-C ke Lightning. Tak hanya di iPhone 12, Apple juga tidak akan menyediakan charger dan AirPods dari paket penjualan iPhone model lain ke depannya.

Dikutip dari kompas.com, Vice President Apple Marketing Worldwide Greg Joswiak menambahkan, tanpa charger dan AirPods dalam paket penjualan iPhone, Apple dapat mengepas produk menjadi lebih kecil dan ringan. “Secara keseluruhan, perubahan ini akan mengurangi lebih dari dua juta metrik ton emisi karbon setiap tahun. Angka itu setara dengan menghilangkan hampir 450.000 mobil dari jalan raya per tahun.” jelasnya.