Aston Martin Vantage V12 Zagato, 100th Anniversary Edition

Pada perayaan 50th Anniversary Aston Martin DB4 GT Zagato di tahun 2011 lalu, Aston Martin bekerja sama dengan Zagato Milano mengembangkan seri Vantage V12 Zagato. Seri tersebut menjadi edisi spesial dan Aston Martin hanya memproduksi sebanyak 101 unit, meski awalnya pihak Aston Martin akan memproduksi 150 unit. Oh ya, unit ini tersedia dalam model coupe saja.

Dan ditahun 2019 untuk memperingati 100th Anniversary keberadaan rumah desain asal Milan tersebut, melalui perusahaan motorsport asal Swiss, yaitu AF Racing, Aston Martin telah meminta 38 unit Vantage V12 Zagato, yang terdiri dari 19 model coupe dan 19 untuk model speedster. Dan nama resmi yang akan digunakan untuk model terbaru nanti adalah Aston Martin Vantage V12 Zagato Heritage TWINS oleh R-Reforged.

AF Racing merupakan perusahaan motorsport asal Swiss yang menjadi mitra proyek Aston Martin Valkyrie, yang menggunakan nama R-Reforged sebagai sub-brand untuk proyek-proyek mobil produksi. AF Racing memiliki anak perusahaan di Jerman bernama Vynamic yang mengawasi empat mobil balap Aston Martin Vantage berkompetisi di seri DTM Jerman. Dan Vynamic inilah yang nantinya akan membangun seri V12 Zagatos baru.

Dugaan sementara mobil tersebut akan mengandalkan spesifikasi mesin V12 berkapasitas 6.0-L yang memproduksi 510 hp dengan torsi 570 Nm. Sedangkan perbedaan model coupe dengan yang baru terletak pada spoiler belakang ditiadakan, termasuk bagian atap yang bisa dilepas.

Dengan silsilah pabrik yang terbilang rumit, AF Racing mengatakan jika model terbatas ini sudah dapat memulai pengirimannya di akhir tahun. Harganya pun masih belum dipastikan, namun diperkirakan berkisar diangka $ 429.000 atau Rp 6 milyar.

Source : Autoblog