Bali United Tumbangkan Persija Jakarta 3-2

Tim sepak bola Bali United menumbangkan kesebelasan Persija Jakarta dengan skor 3-2 pada babak penyisihan grup D dalam ajang Piala Presiden 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Senin malam.

Sejak babak pertama dimulai Bali United mencoba bermain menekan ke area pertahanan Persija Jakarta dan terbukti tuan rumah mampu mencetak gol melalui sepakan keras kaki kanan Spasojevic pada menit ke-9 dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok kanan tim tamunya itu yang tidak mampu diantisipasi Rizky Darmawan (Persija Jakarta).

Unggul satu gol dari Persija Jakarta, tim Bali United tidak mengendurkan serangan dan beberapa kali tim tuan rumah menggedor pertahanan Persija. Namun, keberuntungan berpihak kepada Bali United dan wasit memberikan hadiah penalti karena pemain belakang Persija Jakarta menjatuhkan Spasojevic di area kotak terlarang dalam laga itu.

Kevin Brands yang menjadi eksekutor tendangan penalti itu berhasil mencetak gol pada menit ke-25, sehingga mengubah papan skor menjadi 2-0 dalam laga itu, hingga wasit meniup peluit panjang babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Bali United menambah gol yang diciptakan Stefano Lilipaly pada menit ke-53 melalui tendangan penalti, karena penjaga gawang Persija Jakarta menjatuhkan Pemain Bali United Andika Wijaya di area kotak terlarang pada menit ke-51.

Tertinggal tiga gol, Persija Jakarta mampu memperkecil ketertinggalan dengan mendapatkan hadiah penalti dari wasit karena Andika Wijaya (pemain Bali United) melakukan “hands ball” di area penalti pada menit ke-55.

Ivan Carlos (Persija Jakarta) yang menjadi eksekutor dalam laga itu berhasil mencetak gol dari titik putih pada menit ke-56 yang tidak mampu diantisipasi penjaga gawang Bali United Wawan Hendrawan.

Persija Jakarta yang tampil ngotot kembali mencetak gol keduanya melalui tendangan bebas Silva Xavier pada menit ke-66 yang mengarah keras ke pojok kanan gawang Bali United.

Hingga wasit Prasetyo Hadi asal Surabaya meniup pluit panjang babak kedua, skor 3-2 tetap bertahan untuk kemenangan tuan rumah Bali United. Berkat kemenangan itu, Bali United berhasil meraih tiga poin dan memuncaki papan klasemen grup D dengan raihan sembilan poin dan lolos ke babak delapan besar Piala Presiden 2018.

Dalam laga itu wasit mengeluarkan tujuh kartu kuning yang masing-masing diberikan kepada empat pemain Bali United yakni, Kevins Brand pada menit ke-27, Andika Wijaya pada menit ke-33, Demerson Costa pada menit ke-34 dan Stefano Lilipaly pada menit ke-84.

Kemudian, tiga kartu kuning diberikan wasit untuk pemain Persija Jakarta yakni, Ismet Sofyan pada menit ke-23, Rizky Darmawan (penjaga gawang) pada menit ke-51 dan Ivan Carlos pada menit ke-68.

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra mengatakan, Bali memiliki tim kuat dan banyak pemain bagus, sehingga laga ini sebagai ajang persiapan melawan tim yang kuat.

“Padak babak pertama anak-anak kurang mampu mengawal pemain Bali United sehingga kebobolan lebih awal babak pertama,” katanya.

Namun, pada babak kedua anak asuhnya mampu membalikkan keadaan, sehingga mampu memperkecil ketertinggalan.

“Saya sangat puas dengan hasil ini, karena bisa lolos ke babak selanjutnya,” ujar Cugurra.

Pelatih Bali United, Hans Peter Schaller mengatakan, skuad anak asuhnya bermain sangat cepat, sehingga saat ada tekanan dari tim lawan, Persija mampu memanfaatkan peluang dengan baik sehingga dapat memperkecil ketertinggalan.

“Tim lawan mampu memanfaatkan peluang yang ada. Saya sangat mengapresiasi anak-anak sudah bermain baik dengan memenangkan pertandingan kali ini dan kami sangat senang dengan hasil akhir ini,” kata Hans Peter.

copyright © antara 2017

Foto : Baliutd