Barcelona Amankan Tiket 16 Besar Liga Champions

Barcelona mengamankan tiket ke babak 16 besar Liga Champions setelah mencuri satu poin dari Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Italia, dengan bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Inter Milan untuk laga lanjutan Grup B, Rabu pagi WIB.

Kendati gol Mauro Icardi di pengujung laga mengakhiri catatan sempurna klub Catalan itu di Liga Champions, pasukan besutan Ernesto Valverde itu kini mengoleksi 10 poin dan bertengger di puncak klasemen Grup B, demikian dilansir laman resmi UEFA.

Icardi, yang sempat melewatkan masa remajanya di La Masia, mencetak gol pada menit 87 hanya empat menit setelah Barcelona unggul lewat gol perdana Malcom bagi Los Blaugranas hanya beberapa saat setelah masuk sebagai pemain pengganti.

Kendati masih tanpa sang megabintang, Lionel Messi yang dirundung cedera, Barca mengungguli Inter untuk sebagian besar jalannya pertandingan yang berlangsung dengan intensitas tinggi namun minim kualitas hingga sepuluh menit terakhir.

Sementara Barcelona di puncak, Inter berada di peringkat kedua dengan raihan tujuh poin, diikuti Tottenham Hotspur (4) dan PSV Eindhoven (1).

Barca mampu mengatasi permainan menekan di garis tinggi yang diterapkan tuan rumah berkat operan gelandang Arthur dan perlahan mulai mendominasi.

Luis Suarez hampir mencetak gol indah setelah ia mengendalikan bola dengan dadanya namun sepakannya masih melambung tipis di atas gawang.

Ivan Rakitic juga hampir membuka keunggulan Barcelona pada babak pertama, dan membuang peluang bagus setelah turun minum ketika ia hanya perlu menaklukkan kiper Samir Handanovic, tetapi sepakannya justru mengarah lurus ke tubuh legiun Slovenia tersebut.

Malcom belum berbuat banyak untuk Barca sejak didatangkan dari Bordeaux pada musim panas ini, namun ia kemudian menjadi sorotan, kurang dari dua menit setelah menggantikan Ousmane Dembele, mengendalikan bola dari Philipe Coutinho dan kemudian menaklukkan Handanovic.

Tim tamu sepertinya akan mencatatkan kemenangan perdana mereka di Italia sejak menang 4-2 atas AC Milan di San Siro pada November 2011 silam, yang sekaligus juga membawa mereka mengunci status juara grup, namun Icardi kemudian membobol gawang klub yang membiarkan dia pergi sebagai pemain muda.

Bagaimanapun, Barca masih dapat merayakan lolos ke fase gugur untuk musim ke-15 secara beruntun, dan mereka akan mengunci peringkat teratas jika mereka menang saat bertandang ke markas PSV Eindhoven pada laga selanjutnya.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Inter Milan (4-2-3-1): Handanovic, Vrsaljko, De Vrij, Skriniar, Asamoah, Vecino, Brozovic (Martinez 85′), Politano (Candreva 81′), Nainggolan (Valero 63′), Perisic, Icardi

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen, Roberto, Pique, Lenglet, Alba, Rakitic, Busquets, Arthur (Vidal 74′), Dembele (Malcom 81′), Suarez, Coutinho

copyright © antara 2018