Batas Kemampuan

Suatu hari di sebuah negara yang tersohor di dunia dalam membuat arloji dengan kualitas produk yang sempurna, seorang pengrajin arloji bertanya kepada arloji yang sedang dikerjakan olehnya.

“Apakah kamu sanggup untuk berdetak dalam hitungan 1 detik minimal dalam 1 tahun sebesar 31,104 juta kali?” “Tidak!” ujar arloji itu. Baiklah bagaimana dengan 86.400 kali? “Tetap tidak mau,” tegas arloji itu.

Kemudian pengrajin itu kembali menurunkan beban kerja sang arloji, “kalau 3.600 kali kamu berdetak dalam 1 jam, sanggup dong kamu?” Arloji itu tetap menggelengkan kepalanya.  Pada akhirnya dengan kesabaran si pengrajin, ia menawarkan angka yang sangat kecil yaitu 1 putaran jam alias 1 detik. Dan keluarlah jawaban dari arloji, “Nah kalau ini saya bisa,” senyumnya.

Kesimpulannya adalah tanpa disadarinya, arloji berdetak dalam setiap menit, setiap jam hingga setiap bulannya tanpa merasa mempunyai beban kerja yang berat. Sehingga tanpa terasa arloji itu menemui putaran terakhirnya di bulan Desember.  Artinya ia sukses berdetak sebanyak 31,104,000 kali tanpa mengeluh.

Dan bagi kita sebagai manusia ada kalanya kita ragu-ragu dengan segala tugas pekerjaan yang begitu terasa berat. Namun sebenarnya kalau kita sudah menjalankannya, kita ternyata mampu. Bahkan yang semula kita anggap tidak mungkin dikerjakan setelah dijalani baru terasa menjadi hal yang mudah dikerjakan. ‘Setuju?’