Benarkah Honda Siapkan New PCX 4 Katup?

Ramai diperbincangkan sejak akhir tahun lalu, kehadiran generasi terbaru All New Honda PCX dengan 4 katup semakin santer. Hal ini mencuat ketika Honda diketahui mendaftarkan paten mesin motor matic baru dengan beberapa perubahan. Salah satunya adalah penambahan jumlah katup yang tidak lagi 2 tetapi menjadi 4 katup.

Penambahan tersebut membuat kapasitas mesin jadi sedikit lebih besar, yakni 157 cc. Sehingga New PCX memiliki tenaga lebih berhadapan dengan rival terdekatnya, Nmax yang memiliki mesin 4 katup berkapasitas 155 cc.

Sebelumnya konfigurasi mesin 4 katup juga pernah Honda diterapkan pada model SH150i yang juga menyematkan teknologi VTEC pada mesinnya. Sehingga besar kemungkinan selain penggunaan 4 katup, New PCX juga akan dilengkapi dengan VTEC.

Selain dipasok mesin baru, kabarnya New PCX juga akan mengadopsi sasis berteknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang diklaim lebih ringan dan rigid. Namun terlepas dari kebenaran dan kapan New PCX resmi mengaspal di Indonesia, tetap menarik memantau peta persaingan segmen motor matic kelas 150 cc yang semakin gemuk.

Jadi tunggu saja.!