Bertualang Keliling Dunia Dengan Gyrocopter

Prestasi gemilang ditorehkan oleh seorang petualang asal Inggris yang pada akhir bulan lalu (25/9)berhasil menuntaskan dan menjadi yang pertama mengelilingi dunia menggunakan gyrocopter. Perjalan tersebut ia selesaikan dalam waktu enam bulan lamanya, yang diwarnai dengan sambaran petir dan berbagai kejadian menarik lainnya. Yup, ia adalah James Ketchell yang melakukan perjalanan sejauh 38.624 km laut menggunakan pesawat mini dengan kokpit yang terbuka.

James berhasil mendarat di bandara Hampshire, Inggris di depan kerumunan pendukungnya. Berdasarkan data, pesawat yang digunakan telah berumur 37 tahun dengan jangkauan hanya 1.126 km dan kecepatan maksimal hanya 70 knot, membuat perjalanan yang dilakukan oleh James terbagi dalam beberapa bagian.

Dimulai dengan melintasi daratan Eropa dan Rusia sebelum menyeberang ke Kanada dan Amerika Serikat, terbang di atas Greenland, Islandia dan akhirnya berhenti di Kepulauan Faroe, bagian utara Skotlandia. Petualangan tersebut melengkapi prestasi laiin yang pernah ia lakukan. Mulai dari mendayung melintasi Samudra Atlantik, mendaki gunung Everest dan bersepeda sejauh 28.968 km di seluruh dunia.

Gyrocopter sendiri biasa juga disebut gyroplane atau autogyro berupa pesawat terbang kecil menyerupai helikopter dengan baling-baling di belakang dan atasnya. Dan seperti disebut di atas, James menceritakan pengalaman jika dirinya beberapa kali hampir tersambar petir atau harus mencoba melakukan pendaratan darurat di jalan ketika cuaca sedang tidak bagus.

Source : CNN