Biarpun #Dirumahaja Harus Tetap Aktif

Kurangi Waktu Terlalu Lama Duduk

Anda bisa gunakan waktu untuk bekerja, belajar, menonton TV, membaca, atau menggunakan media sosial atau bermain game di smartphone atau konsol game. Jika dalam jangka waktu 20 – 30 menit Anda hanya duduk, bangun dan bergerak singkat sekitar 3 -5 menit. Cukup berdiri dan regangkan atau bahkan lebih baik, berjalan-jalan di sekitar rumah, naik turun tangga, atau ke kebun. Dengan hanya bergerak dan melakukan peregangan, Anda dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Rutin Bergerak Setiap Hari

Bikin kegiatan aktif yang rutin dilakukan setiap hari. Anda bisa  merencanakan aktivitas fisik atau olahraga dengan gerakan sendiri atau  bergabung dengan kelas online. Berkomunikasi via aplikasi video chatting bersama teman atau kolega Anda juga dianjurkan.

Ingat cara baru ini akan membantu Anda membangun rutinitas teratur, dan membantu Anda menyesuaikan diri dengan cara-cara baru untuk bekerja, belajar dan bersosialisasi bersama keluarga di bawah pembatasan COVID-19.

Manfaatkan Waktu Bersama Keluarga

Aktif berkumpul dengan keluarga di rumah atau bersosialiasi secara virtual bersama saudara dan teman dalam menghabiskan waktu bersama juga tergolong yang dianjurkan oleh WHO.  Bahkan membuat aktivitas bersama anak-anak Anda dengan permainan aktif di rumah, berjalan-jalan di taman, atau bersepeda dapat menjadi cara seluruh keluarga dapat bersantai, bersama, dan menjadi aktif dan sehat saat di rumah.

Jadikan Aktivitas Aktif Ini Sebagai Agenda Keluarga

Tetapkan diri Anda dan keluarga menjadi kegiatan aktif bersama – sama. Pilihlah jenis kegiatannya, waktu dan hari pelaksanaan yang akan kalian lakukan setiap hari. Mintalah setiap anggota keluarga untuk memilih tujuan mereka sendiri yang memberikan sedikit tantangan tetapi realistis dengan bantuan dari keluarga. Catat kemajuan Anda pada bagan kegiatan mingguan dan, jika menurut Anda itu akan membantu, hadiahi diri Anda dengan sesuatu yang Anda hargai.