BMW Akan Produksi Mobil Mini Listrik di China

Perusahaan otomotif BMW menggandeng produsen mobil asal China, Great Wall Motors untuk memproduksi mobil listrik milik Mini. Dalam proses kerjasama tersebut akan dibangun pabrik yang akan digunakan sebagai lokasi produksi di kota Zhangjiagang, Provinsi Jiangsu yang akan dimulai tahun 2020 hingga 2022.

Keduanya juga telah membentuk perusahaan bersama yang dinamakan Spotlight Automotive Limited bernilai sekitar Rp 10 triliun dan memiliki kapasitas produksi hingga 160.000 mobil pertahun. Selain mobil Mini listrik ada kemungkinan perusahaan ini juga akan menjajaki produksi baterai kendaraan listrik.

Saat ini sebenarnya Mini sudah memulai produksi mobil listriknya di Oxford, Inggris yang akan memasuki pasar pada bulan Maret 2020. Sehingga kemitraannya dengan Great Wall sebagai langkah yang tepat mengingat China memiliki peran penting dalam bidang otomotif dengan berhasil memasarkan lebih dari 1 juta unit mobil listrik pada tahun 2018 lalu.

Kerjasama ini menyusul langkah Toyota dan salah satu produsen mobil listrik BYD asal China untuk mengembangkan mobil listrik pada awal November lalu.

Source : AFP