Posted on by AB

BMW Bikin Mesin Boxer Ukuran Jumbo

 

BMW Motorrad membuka kenangan masa lalu dengan kembali memproduksi mesin legendarisnya, Boxer dengan sentuhan modernisasi pada teknologi yang digunakan.  Walau desain dari mesinnya tetap dibiarkan klasik atau lebih tepat dibilang bergaya retro modern, namun itulah yang menjadi daya tarik bagi para penggemar mesin boxer BMW.

Mesin baru bernama ‘Big Boxer’ ini dipasang di motor konsep BMW R18. Mesin tersebut menjadi mesin boxer dua silinder terbesar kapasitas mesinnya sepanjang sejarah mesin boxer diproduksi yaitu 1.802 cc.  Kapasitas itu diperoleh dari penggunaan piston 107,1 mm dan langkah 100 mm.  Tak heran kalau tenaganya sebesar 91hp dan punya torsi puncak sebesar 158 Nm sudah bisa diraih dalam putaran mesin rendah, 3.000 rpm.

Uniknya BMW masih mempertahankan sistem pendingin udara dan oli di mesin retro modern berbobot 110,8 kg termasuk girboks dan intake system. Menariknya di mesin ini punya komponen internal yang serupa dengan versi lawasnya. Namun BMW memberikan beberapa sentuhan modern seperti bearing yang diklaim bisa mereduksi getaran dari mesin.

Sayangnya mesin boxer ‘raksasa’ ini belum diketahui kapan mulai diproduksi massal dan apakah akan ditempatkan di model motor BMW apa selain motor konsep R18 yang lebih dahulu dikenalkan oleh BMW. ‘Hemmm jadi penasaran kan bro!’

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store