Posted on by @rief

'Bombshell', Tentang Wanita, Karir, dan Skandal Fox News

Kisah "Bombshell" menceritakan tiga pembaca berita di Fox News, yakni Megyn Kelly (Charlize Theron), Gretchen Carlson (Nicole Kidman), dan Kayla Pospisil (Margot Robbie) ㅡ yang tengah sama-sama meniti karir mereka di stasiun televisi Amerika Serikat di tahun 2015-2016.

Ketiga news anchor ini rupanya memiliki rahasia yang sama di antara mereka, yaitu pernah sama-sama dilecehkan oleh pemimpin Fox News saat itu, Roger Ailes (John Lithgow).

Alies kemudian dituntut oleh Gretchen yang belum lama dipecat dari posisinya di perusahaan media terbesar Amerika Serikat itu.

Tuntutan personal Gretchen mulanya tidak mendapatkan sambutan maupun dukungan dari siapa pun, termasuk mantan rekan-rekan kerjanya di Fox News.

Merasa memiliki pengalaman yang sama, Megyn akhirnya turut buka suara, dan mencari korban-korban pelecehan dari Ailes. Kayla yang belum lama bekerja di Fox News pun juga memberanikan diri untuk bersaksi sebagai korban.

Melihat banyaknya nama dan dukungan yang mengalir, pihak pengacara Gretchen melanjutkan kasus tersebut ke ranah hukum, dan membuat pemilik Fox News, Rupert Murdoch (Malcolm McDowell) meminta Ailes untuk mengundurkan diri dari Fox News.

Kebenaran di balik layar

"Bombshell" sendiri merupakan film yang diangkat dari skandal terbesar Fox News yang mencuat di tahun 2016, dan mendapatkan sorotan yang cukup besar di publik.

Salah satu kelemahan dari sebuah film yang diadaptasi dari skandal besar ialah penonton telah mengetahui seperti apa kisah itu akan berlangsung.

Sutradara Jay Roach memilih gaya penceritaan yang mengalir begitu saja, serta mampu mengajak penonton untuk sabar dalam mengikuti kemana arah dari cerita ini dengan pendekatan tersebut.

“Bombshell" seakan benar-benar membawa siapa pun yang menonton film ini terjun langsung ke dalam perusahaan media Fox News. Mulai dari ruang redaksi yang sibuk, kegiatan penyiaran, hingga tekanan-tekanan yang biasa terjadi di sebuah stasiun televisi berita.

Meskipun alur ceritanya runut dan mengalir begitu saja, "Bombshell" bisa dibilang cukup mudah, menyenangkan, dan tidak membosankan untuk diikuti.

Seperti misalnya adegan ketika salah satu karakter film berinteraksi secara tidak langsung dengan penonton, yang agaknya mengingatkan penonton pada film "The Big Short" (2015).

Walaupun "Bombshell" memiliki alur yang sudah jelas, harus diakui bahwa film ini juga mempunyai pemain-pemain yang piawai membawakan karakternya dan tak jarang mengejutkan penonton.

Akting Charlize Theron dan Nicole Kidman sebagai pembaca berita senior Fox News berhasil membawa penonton untuk melihat kenyataan di balik sebuah media dari sudut pandang seorang profesional yang berani, cerdas, dan tangguh.

Sementara karakter Kayla yang diperankan Margot Robbie, seakan dapat menunjukkan pekerja muda pada umumnya yang penuh semangat, optimistis, namun juga memiliki keraguan ketika dihadapkan pilihan terkait masa depannya di perusahaan.

John Lithgow juga berhasil memerankan karakternya sebagai Ailes ㅡ yang mau tak mau membuat penonton menjadi gemas sendiri ketika melihat tokoh itu.

Secara keseluruhan, "Bombshell" mengangkat isu ㅡ atau mungkin rahasia umum yang melibatkan wanita sebagai objek seksual di sebuah perusahaan besar.

Hal ini agaknya akan menggugah penonton untuk melihat hal tersebut dari perspektif baru -- sudut pandang dari tiga wanita karir yang merupakan korban kejahatan tersebut.

Bisa dibilang, film ini tak hanya sekadar memberikan gambaran dari perjuangan Gretchen, Megyn, dan Kayla atas hak mereka, namun juga menyuguhkan hiburan yang segar dan membuka wawasan.

"Bombshell" akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia di penghujung tahun ini.

copyright © antara 2019

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store