Bono Kehilangan Suara Saat Konser U2 di Berlin

U2 menghentikan konser “Experience & Innocence 2018” di Berlin lantaran suara Bono tiba-tiba hilang di panggung.

Sebelumnya, vokalis U2 itu sudah membawakan beberapa lagu selama 20 menit. Namun saat menyanyikan “Red Flag Day”, dia terlihat berusaha keras melakukannya. Akhirnya, dia dan band-nya menghentikan musik dan berbicara kepada penonton. Dia berspekulasi bahwa asap panggung di Mercedes-Benz Arena mempengaruhi suaranya.

“Saya berani bersumpah bahwa saya belum merokok. Tapi ini seperti cerutu raksasa. Saya kehilangan suara dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tadi masih bernyanyi seperti burung sekitar 10 menit yang lalu,” ucap Bono sebagaimana laporan E!News, Minggu.

Bono kemudian meminta mesin asap panggung dimatikan dan AC dihidupkan lebih kencang. Dia kemudian mencoba menyanyikan “Beautiful Day” namun terlihat sia-sia.

“Saya siap bernyanyi untuk kalian. (Tapi) Sesuatu telah terjadi dan saya pikir kita tidak bisa melanjutkan. Saya yakin ini bukan masalah besar tapi saya harus melakukan sesuatu. Jadi, jika orang ingin pulang, tidak masalah. Kami akan bermain di acara lain untuk kalian lain waktu. Jika ingin tetap tinggal, kita harus istirahat, saya tak tahu mungkin 15 menit. Saya ingin mencari tahu apa yang terjadi,” terang Bono.

Setelah lebih dari 40 menit menghilang dari panggung, akhirnya konser tersebut dibatalkan. Ini berarti, untuk kedua kalinya U2 membatalkan pertunjukan di tengah konser. Pertama kali mereka melakukannya tahun 1989 di Amsterdam. Saat itu, Bono juga memiliki masalah suara.

Sementara itu, U2 juga sudah merilis penyataan mengenai pembatalan konser.

“Kami sangat menyesal atas pembatalan malam ini. Bono dalam kondisi bagus dan suara yang bagus sebelum pertunjukan dan kami semua menantikan malam kedua di Berlin, tetapi setelah beberapa lagu, dia kehilangan suaranya. Kami tidak tahu apa yang telah terjadi dan kami menerima saran medis.

Seperti biasa, kami menghargai pengertian penonton dan semua dukungan penggemar kami di Berlin dan mereka yang melakukan perjalanan dari jauh. Kami akan segera memberi update-nya,” tulis Adam, Larry dan Edge melalui keterangan resmi.

copyright © antara 2018