Bottas Tercepat di FP2 GP Abu Dhabi

Valtteri Bottas (Mercedes) keluar sebagai pebalap tercepat di sesi latihan hari pertama GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Jumat.

Pebalap asal Finlandia itu mencetak waktu tercepat 1 menit 37,236 detik untuk mengungguli duo pebalap Red Bull Max Verstappen dan Daniel Ricciardo di P2 dan P3, demikian Formula1.com pada Jumat malam.

Bottas akan berusaha mengulang kemenangannya di GP Abu Dhabi 2017 akhir pekan nanti agar terhindar dari gelar pebalap Mercedes tanpa juara di musim 2018.

Max Verstappen menjadi pebalap tercepat pada sesi pertama latihan FP1 di Yas Marina, diikuti oleh Ricciardo di P2, tapi Bottas membuat kejutan di FP2 dengan unggul 0,044 detik dari Verstappen untuk memuncaki sesi latihan Jumat.

Jika Mercedes bisa mempertahankan kecepatannya di sesi latihan pada sesi kualifikasi, maka mereka akan menciptakan rekor lima kali start dari grid terdepan, yang merupakan pertama kali dalam sejarah F1 untuk sebuah tim.

“FP2 sangat bagus, saya bisa yakin dengan mobil ini dan mengendarainya sesuai yang saya mau,” kata Bottas kepada Formula1.com, Jumat.

“FP1 kurang baik, tapi saya kira biasa di sini. Treknya sangat hijau ketika kami berangkat pertama kali dan dia menjadi lebih panas ketika siang hari dari pada di sesi petang,” kata dia.

“Saya senang mobil ini bekerja dengan baik di sesi petang karena sangat lah sulit mengganti pengaturan di FP3 karena akan sangat panas. Kami belajar banyak dari balapan hari ini, khususnya di petang hari, dan banyak hal yang bisa kami atur pada malam hari untuk menemukan pengaturan yang tepat untuk sesi kualifikasi dan balapan,” kata Bottas.

Rekan satu tim Bottas, Lewis Hamilton berada di peringkat empat dengan selisih 0,207 detik, dibayangi oleh duo Ferrari Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel di P5 dan P6.

Salah satu hal yang menjadi sorotan di sesi latihan Jumat adalah kerb memanjang yang terlihat seperti sosis di sisi luar tikungan 20 yang sering menggangu para pebalap ketika mereka berusaha menembus batas di ujung trek itu.

Sejumlah pebalap seperti Verstappen dan Charles Leclerc (Sauber) menyatakan khawatir kerb tersebut telah merusak dasar mobil ketika melewatinya.

Tim Haas cukup kuat di FP1 dan FP2 dengan Romain Grojean finis P7, 0,130 detik lebih cepat dari Niko Hulkenberg (Renault) di P8.

Rekan satu tim Grosjean, Kevin Magnussen finis P9 sementara Esteban Ocon (Force India) mampu finis 10 besar.

copyright © antara 2018