Brasil Akan Kembali Menyelenggarakan Moto GP di 2022

Moto GP kembali diadakan di Brasil, Amerika Selatan dan kota Rio de Janeiro akan dipilih sebagai penyelenggara pada tahun 2022. Moto GP terakhir diadakan di Brasil tahun 2004 silam. Pembalap Makoto Tamada, Max Biaggi dan Nicky Hayden menjadi tiga teratas yang menempati podium finish ketika Moto GP Rio 2004 dilangsungkan.

Grand Prix Brasil pertama diadakan di Goiania pada tahun 1987 dan dimenangkan oleh Wayne Gardner. Balapan tetap dilakukan di lokasi yang sama hingga dua musim berikutnya, sebelum dipindahkan ke sirkuit terkenal Interlagos pada tahun 1992. Saat itu podium diisi oleh pembalap asal Amerika  Serikat. Ketiganya adalah Wayne Rainey yang mengalahkan John Kocinski dan Doug Chandler. Setelah itu Brasil kembali absen selama tiga tahun dari Moto GP.

Di tahun 1995, Brasil kembali menyelenggarakan kejuaraan dunia balap motor, tapi kali ini diadakan di Rio de Janeiro dan sirkuit Nelson Pique. Di sinilah seumlah pembalap terkenal dunia berhasil mencatatkan prestasi besarnya, seperti Luca Cadalora, Valentino Rossi, Mick Doohan, Olivier Jacque dan Daijiro Kato.

Dan kini Brasil dan Rio de Janeiro tengah bersiap untuk menggelar sejarah penting dalam olahraga motorsport ini. Pembangunan Rio Motorpark, yang diperkirakan selesai pada tahun 2021 akan membuat prospek menarik baik bagi Brasil, Rio de Janeiro, Moto GP dan juga penggemarnya.

Menurut kabar yang beredar Moto GP telah menandatangani kontrak untuk lima tahun penyelenggaraan Grand Prix Brasil mulai 2022. Lintasan balap yang baru memiliki panjang 4,5 km dan 7 tikungan ke kiri serta 6 tikungan ke kanan.

Source : MotoGP