Bridgestone Dan Microsoft Kembangkan Teknologi Pemantauan Ban Baru

Microsoft dan Bridgestone saat ini tengah menjalin kerjasama mengembangkan teknologi yang bisa digunakan untuk memonitor kondisi real time ban saat digunakan. Tidak hanya itu teknologi ini nantinya juga bisa menentukan di jalan mana kerusakan ban itu terjadi.

Sebagian dari kendaraan yang ada saat ini lebih mengenal system teknologi pemantauan tekanan ban atau TPMS (tire pressure monitoring system) yang bisa mendeteksi jika tekanan angin di ban rendah dan bisa mengingatkan pengemudi. Sistem TPMS biasanya menggunakan sensor atau perangkat elektronik yang terhubung dengan lampu indikator di cluster instrumen mobil.

Kini Bridgestone dan Microsoft mengembangkan teknologi yang jauh lebih maju yang dinamakan Tire Damage Monitoring System (TDMS) yang mendeteksi kerusakan ban secara real time saat mobil masih bergerak. TDMS akan menganalisa data dari sensor tekanan ban dan menjalankannya melalui software Microsoft’s Connected Vehicle Platform (MCVP).

MCVP ini tidak hanya bisa menganalis informasi dari sensor tekanan dan memperingatkan kerusakan, tetapi juga untuk merekam di lokasi jalan mana kerusakan terjadi. Dengan informasi tersebut nantinya MCVP dapat menghindari jalan tersebut, dan dengan melaporkannya maka pihak berwenang dapat segera memperbaiki jalan tersebut.

Diharapkan teknologi ini bisa segera selesai untuk menciptakan suasana berlalu lintas yang lebih aman bagi pengguna jalan lainnya, seperti sepeda motor dan juga pejalan kaki.

Source : Rideapart