Buasnya Mesin VW Golf GTI Clubsport 2021

Volkswagen Golf GTI Clubsport 2021 resmi mendebut di dunia. Hot Hatch asal Jerman ini telah disempurnakan dan diklaim lebih bertenaga dari model sebelumnya. VW banyak melakukan ubahan teknis di bagian mesin, sistem rem, suspensi dan sasis. Semua modifikasi terbaru tersebut membuat Golf lebih menyenangkan dikendarai.

Golf GTI Clubsport tetap memakai mesin 2.000cc, 4-silinder, turbocharger. Namun berkat adanya ubahan di internal mesin, kini dapur pacu itu mampu menyemburkan tenaga 296 hp dan torsi puncak 400 Nm. Capaian itu jauh meninggalkan performa standar mesin Golf GTI regular di angka 242 hp.

Sistem penggerak roda depan tetap digunakan oleh Clubsport dan hanya tersedia satu pilihan transmisi dual-clutch 7-speed.  Dengan komposisi gear rasio yang rapat membuat akselerasi Clubsport dari diam ke 100 kpj hanya 6,2 detik dan kecepatan puncak dibatasi secara elektronik di ECU sehingga hanya bisa meraih kecepatan 250 kpj.

Menariknya Clubsport 2021 lebih asyik dikendalikan, hadirnya Vehicle Dynamics Manager dapat memudahkan pengemudi mengatur handling dan kenyamanan suspensinya secara elektrik. Bahkan suspensi baru yang lebih rendah 15 mm dari standar Golf GTI dirancang track ready. Hebatnya VW telah membuktikan performa Golf GTI Clubsport di sirkuit legendaris, Nurburgring.

Revisi tampilan eksterior pada tubuh ‘HotHacth’ ini terlihat dari grill, intake, splitter dan spoiler di pintu bagasi. VW mengklaim Clubsport lebih aerodinamis dan stabil dipacu dalam kecepatan tinggi di trek balap.

Sayangnya walau sudah dirilis resmi dan tersedia di November 2020, Golf GTI Clubsport belum punya harga jual resmi.