Posted on by AB

Bus Wisata 4x4 Pertama di Dunia

Torsus Praetorian adalah bus wisata ciptaan dari perusahaan karoseri bus berbasis di Republik Ceko. Bus ini diklaim sebagai bus wisata pertama di dunia yang menggunakan sasis khusus medan off-road termasuk sistem penggerak rodanya, 4x4.

Bus yang punya wheelbase 4.200mm ini  kalau hadir di Indonesia akan dikategorikan sebagai bus medium. Nah menariknya karena memakai sasis truck MAN TGM, maka bus Praetorian memiliki ketinggian sejauh 400 mm dari permukaan tanah. Berkat tubuh jangkungnya, bus dapat berwisata di alam terbuka dengan kondisi jalan jelek atau dipakai melintasi sungai sekalipun bisa diterjang oleh bus ini.

Torsus selaku pihak karoseri menanam dapur pacu berbahan bakar solar dari MAN. Mesin diesel 6,2 liter, 6–silinder itu mampu meletupkan tenaga 240 hp dan torsi puncak sebesar 925 Nm. Tenaga dan torsi besar itu bisa dikendalikan oleh pengemudi bus lewat tuas transmisi semi otomatis berkecepatan 6-speed.

Menariknya Torsus membuka pesanan bus Praetorian dalam berbagai opsional. Jika hanya untuk dipakai sebagai bus wisata, maka bus ini dapat mengangkut 35 orang di dalamnya. Atau ingin dijadikan sebagai bus rekreasi atau (Recreational Vehicle) juga disanggupi oleh Torsus. Dan tentunya warna eksterior maupun desain interior berserta aneka aksesoris, fasilitas kenyamanan hingga piranti hiburan dapat dipilih sesuai keinginan calon pembelinya.

Bus peraih penghargaan Red Dot design award kategori Product Design 2020 ini ditawarkan mulai dari Rp 2 milyar. Harga awal itu masih dapat melambung sesuai model dan kelengkapan fitur di dalam bus ini.

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store