Cara Ringan Merawat Pelapis Sofa

Furnitur seperti sofa maupun kursi yang ada di interior rumah perlu dirawat. Khususnya yang memakai bahan pelapis sintetis MBtech. Anda bisa melakukannya secara berkala, tetapi perlu dipahami terkadang langkah perawatan yang dilakukan masih kurang memuaskan hasilnya. Bisa jadi ada salah langkah dalam penerapannya.

Sebelumnya Anda harus mengetahui dan memperhatikan bahwa dikarenakan sifat bahan pelapis sintetis atau PVC itu mengandung plastik, maka jenis cairan pembersih yang digunakan haruslah aman dan tidak merusak lapisan pelindung bahan PVC.

Hindari penggunaan cairan pembersih yang mengandung : deterjen memiliki kandungan LAS (Linear Alkylbenzo Sulfonate) dan cairan / larutan yang berbahan dasar solvent / thinner. Karena larutan tersebut dapat merusak lapisan pelindung (surface coating) bahan PVC.

Pada dasarnya cairan pembersih bahan PVC yang baik dan aman adalah yang berbahan dasar air (water based) dengan PH 7.

Nah bagaimana sih cara merawat dan membersihkan pelapis sintetis pada sofa yang baik dan benar?

Anda dapat menggunakan sabun bayi cair seperti Zwitsal, Cussons, Jhonson & Jhonson. Sabun itu harus dicampurkan dengan air bersih. Campuran sabun bayi cair dengan air bersih adalah dengan perbandingan 1 banding 50 (sabun cair : 1 dan air bersih : 50)

Pada bagian lipatan atau sela-sela bahan gunakan sikat halus. Bersihkan kembali dengan lap kering hingga cairan pembersih tidak ada yang tertinggal. Jika masih ada busa, seka kembali dengan lap yang diberi air bersih, hingga permukaan bahan terlihat bersih dan kering.

Merawat bahan pelapis sintetis di furnitur secara rutin bisa membuat fisik sofa atau kursi lebih segar dan harum. Otomatis kebersihan interior rumah jadi lebih terjaga. Nah, mudah bukan.