Cardigan Kurt Cobain Akan Dilelang Dengan Harga Fantastis

Siapa yang masih ingat dengan penampilan Kurt Cobain, vokalis dari band grunge Nirvana ketika mengenakan cardigan lusuh bewarna hijau saat tampil dalam acara MTV Unplugged? Kejadian tersebut tepat terjadi pada tanggal 18 November 1993, ketika Nirvana melakukan rekaman di New York dan menjadi rekaman musik akustik paling bersejarah yang dilakukan oleh MTV.

Dan setelah 25 tahun, cardigan yang Kurt kenakan dan menjadi ciri khas band musik beraliran grunge ini. Kabarnya akan dilelang pada bulan ini dengan taksiran harga bisa mencapai $ 300.000 atau Rp 4,2 milyaran. Kurt sendiri pernah mengatakan jika dirinya tak pernah memusingkan dengan apa yang harus ia kenakan.

Nirvana dibentuk oleh Kurt dan Krist Novoselic pemain bass pada tahun 1987. Selanjutnya Dave Grohl bergabung di tahun 1990 dengan posisi drummer. Saat acara MTV berlangsung Nirvana juga menjadikan lagu ‘Come As You Are’ sebagai lagu ‘kebangsaan’. Lima bulan setelah itu, Kurt ditemukan meninggal bunuh diri.

Kurt juga tak sempat merasakan sukses album kedua mereka ‘Nevermind’ yang rilis pada September 1991 dan mencapai angka penjualan 1 juta copy di Amerika Serikat pada akhir tahunnya. Album tersebut juga naik dari posisi enam ke posisi satu menggantikan album Dangerous milik Michael Jackson di Billboard 200. Dan bertengger di posisi tersebut selama 435 minggu di chart lagu itu dan belum tergantikan hingga sekarang.

Di tahun 2015 cardigan yang sama pernah dilelang dan laku dengan harga $ 140.800 atau setara Rp 1,9 milyar (kurs saat ini). Sementara rumah mode Raf Simons pernah membuat model cardigan yang serupa untuk koleksi Vetements Fashion Week 2019 yang dijual dengan harga $ 1.150 atau Rp 16,2 juta.

Source : CNN