Cetak 2 Gol, Messi Antar Kemenangan Barcelona

Megabintang Barcelona, Lionel Messi, mencetak dua gol kala timnya berjaya di Stadion Wembley, London, Inggris, dengan mengalahkan Tottenham Hotspur 4-2 dalam lanjutan penyisihan Grup B Liga Champions, Kamis dini hari WIB.

Dua gol Messi tersebut melengkapi Philippe Coutinho dan Ivan Rakitic yang lebih dulu mencetak gol, sementara Tottenham membalas lewat Harry Kane dan Erik Lamela, demikian catatan pertandingan laman resmi UEFA.

Tiga poin dari Wembley memantapkan posisi Barcelona di puncak klasemen Grup B dengan raihan enam poin penuh, sementara Tottenham (0) di urutan ketiga terbantu hasil buruk yang juga ditelan PSV Eindhoven (0) saat menjamu Inter Milan (6).

Hasil itu sekaligus menjadi respon positif Barcelona, setelah sebelumnya tak meraih kemenangan di tiga pertandingan sebelumnya di Liga Spanyol.

Kiper utama Tottenham, Hugo Lloris, yang akhirnya kembali setelah absen enam pekan seolah tak cukup siap untuk kembali dan melakukan kesalahan yang berbuah gol pembuka Barcelona saat pertandingan baru berjalan dua menit.

Lloris meninggalkan sarangnya untuk menutup ruang gerak Jordi Alba yang menerima umpan silang dari Messi, namun Alba segera melepaskan bola kembali ke tepian kotak penalti di mana Coutinho menanti untuk menyarangkannya ke gawang yang tak bertuan.

Kendati demikian, Lloris tak bisa sepenuhnya disalahkan saat gagal membendung bola tendangan voli Rakitic pada menit 28 yang jauh dari jangkauannya dan membentur tiang gawang sebelum bergulir masuk ke dalam gawang dan membuat tim tamu unggul 2-0.

Pada menit 32, Son Heung-mIn sempat menyarangkan bola ke gawang Barcelona namun gol dianulir karena Kieran Trippier terlebih dulu didakwa memegang bola dengan tangannya saat membangun serangan tersebut.

Semenit berselang, kiper Marc-Andre ter Stegen, unjuk kebolehan dengan bereaksi cepat atas bola umpan silang Heung-min yang berbelok berubah arah ke dalam gawang lantaran terbentur barisan pertahanan Barcelona.

Unggul dua gol saat turun minum, tak mengurangi tensi permainan Barcelona yang segera mengancam lewat Messi saat memulai babak kedua, namun sepakannya dari tepian kotak penalti masih membentur tiang gawang.

Setelah dua peluang beruntun Barcelona tak berbuah gol, Tottenham malah memperkecil ketertinggalan lewat Kane yang melakukan tipuan sejenak setelah menerima umpan dari Lamela sebelum melepaskan tembakan ke area tiang jauh dan mengubah kedudukan menjadi 1-2.

Namun, empat menit kemudian Messi akhirnya mencatatkan namanya di papan skor dan merestorasi keunggulan dua gol Barcelona pada menit 56 memanfaatkan umpan Alba.

Tottenham kembali memantik asa kebangkitan saat Lamela melepaskan tembakan, kemudian bola sempat membentur Clement Lenglet dan kali ini gagal diantisipasi Ter Stegen. Tottenham dua, Barcelona tiga.

Upaya Tottenham untuk menyamakan kedudukan tak membuahkan hasil hingga akhirnya Messi malah memastikan kemenangan Barcelona menjadi 4-2 lewat golnya di pengujung waktu normal, saat ia berdiri tanpa kawalan demi menyelesaikan umpan kiriman Alba.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Ben Davies; Harry Winks, Victor Wanyama (Eric Dier); Lucas Moura, Erik Lamela (Fernando Llorente), Son Heung-min (Moussa Sissoko); Harry Kane
Pelatih: Mauricio Pochettino

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arthur (Arturo Vidal), Sergio Busquets (Thomas Vermaelen), Ivan Rakitic; Lionel Messi, Luis Suarez, Philippe Coutinho (Rafinha)

copyright © antara 2018