China Luncurkan Satelit Untuk Jelajahi Bulan

China pada Senin pagi meluncurkan satu satelit untuk mempersiapkan hubungan komunikasi antara Bumi dan pesawat penjelajah bulan Chang’e-4 yang dirancang untuk mengeksplorasi sisi jauh bulan yang misterius menurut siaran kantor berita Xinhua

Satelit bernama Queqiao (Magpie Bridge) itu dibawa oleh roket Long March-4C, yang meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di bagian barat daya China pukul 05.28 waktu setempat menurut keterangan China National Space Administration (CNSA).

“Peluncuran ini adalah langkah kunci bagi China untuk mewujudkan tujuannya menjadi negara pertama yang mengirim pesawat ke daratan lunak dan menjelajahi sisi jauh bulan” menurut siaran Xinhua mengutip Zhang Lihua, manajer proyek satelit tersebut.

Satelit itu akan menetap di orbit yang berada sekitar 455.000 kilometer dari Bumi dan akan menjadi satelit komunikasi pertama di dunia yang beroperasi di sana.

China ingin bersaing dengan Rusia dan Amerika Serikat untuk menjadi kekuatan utama antariksa pada 2030, dan berencana meluncurkan konstruksi pesawat antariksa berawak buatannya ke stasiun antariksa tahun depan menurut siaran Reuters.

copyright © antara 2018