Daya Tarik Action Cam

Kita sering menjumpai para riders atau penyuka aktivitas outdoor, yang melengkapi diri mereka dengan action camera atau kamera aksi. Selain berguna sebagai dokumentasi, hasil video dengan tampilan ‘first person view’ layaknya film dokumenter, juga menjadi daya tarik para pecinta olahraga ekstrem atau traveller menggunakan kamera aksi dibanding kamera digital biasa.

Terlebih saat ini kualitas video yang dihasilkan oleh kamera aksi juga tidak kalah dengan kamera digital. Ukurannya pun lebih kecil dan telah dibekali fitur shock resistance, sehingga kamera maupun hasil rekaman video tetap aman jika terbentur atau terjatuh sekalipun. Kelebihan lain dari action camera adalah lensa super lebar yang bisa merekam dengan sudut hingga 140-170 derajat.

Selain fitur yang telah disebutkan, ada beberapa hal lain yang perlu dicermati sebelum memutuskan membeli kamera aksi. Pertama disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk poin ini bisa dilihat dari spesifikasi, mulai dari luas LCD, fitur Wi-Fi, Bluetooth, resolusi video hingga aplikasi untuk berbagi hasil video yang dibuat.

Perhatikan pula kelengkapan saat pembelian. Karena akan digunakan dalam berbagai situasi dan kondisi, pastikan kamera aksi memiliki mounting/dudukan yang lengkap. Lalu kelengkapan aksesoris penunjang, seperti case anti air, baterai cadangan hingga kartu memori.

Yang tak kalah penting, sebelum membeli pastikan dulu budget-nya. Perlu diingat, semakin lengkap fitur dan semakin bagus kualitas video yang dihasilkan, harga kamera aksi akan semakin mahal. Cek juga garansi dan layanan purna jualnya.