Debut EV Lotus Evija Bertenaga 1.973 HP

Menyusul teasernya yang telah muncul di awal bulan lalu, Lotus secara resmi mengungkap mobil  listriknya, yaitu Evija.  Yang diprediksi akan menjadi seri mobil listrik road car paling bertenaga. Ini disebabkan Evija dibekali empat motor listrik untuk memproduksi tenaga 1.973 hp dan torsi 1.700 Nm.

Dengan performa seperti di atas tersebut menjadi hal yang mudah bagi Evija untuk melakukan sprint dari 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu di bawah 3 detik. Memberikan kesempatan yang maksimal untuk menyentuh top speed hingga 320 km/jam.

Sementara untuk sumber tenaganya, akan mengandalkan baterai lithium-ion yang dipasang dibagian tengah mobil yang bisa digunakan berkendara sejauh 400 km untuk sekali pengisian. Baterai ini juga telah mendukung fitur fast charging yang bisa menerima muatan daya hingga 800 kW – memungkinkan baterai terisi ulang penuh dalam waktu 9 menit. Saat ini yang tersedia hanya 350 kW yang dapat mengisi hingga 80% dalam 12 menit atau hingga penuh dalam waktu 18 menit.

Evija memiliki bobot body yang terbilang ringan, hanya 1.680 kg ditopang suspensi mumpuni untuk melahap track extreme dan jalanan biasa secara nyaman. Bagian roda dibekali velg ukuran 20 dan 21 inci yang dibungkus ban Pirelli Trofeo R. Jumlah produksinya pun hanya dibatasi sebanyak 130 unit yang sudah bisa diorder dengan menyetor uang £250.000 atau Rp 4,3 milyar sebagai deposit. Model pertamanya akan dibuat tahun depan dengan nilai total jual mencapai £ 1,7 juta atau Rp 29 milyar.

Source : Autoblog