Debut SSC Tuatara Hypercar with 1.350 hp

Di tengah banyaknya nama hypercar bermunculan, salah satu yang tak bisa dilupakan adalah merek SSC Tuatara. Hadir pertama kali pada tujuh tahun lalu menjadi momen ketika desain mobil konsep hypercar ini dipertontonkan dihadapan publik. Dan sejak saat itu pula terlihat jika SSC North America telah memulai proses produksi dan pengembangan yang dilakukan di markasnya, yaitu di West Richland, Washington.

Dan kini SSC sudah siap memperkenalkan versi produksi dari Tuatara Hypercar. Prosesi perkenalan akan dilakukan pada akhir bulan ini di Monterey Car Week, pertama pada event Motorsports Gathering pada tanggal 24 Agustus. Selanjutnya akan ditampilkan pada Concorso Italiano and Exotics on Canary Row di 25 Agustus yang kemudian secara resmi akan di presentasikan secara prestise pada Pebble Beach Concours d’Elegance pada tanggal 26 Agustus.

Meski belum banyak yang bisa dibahas, tapi terlihat beberapa perubahan detail kala penampakan konsep pertama kali di tahun 2011 lalu. Salah satunya adalah bagian belakang dengan hadirnya desain wing yang lebih signifikan. Begitu pula pada bagian mesin yang kini disuplai dengan mesin V8 berkapasitas 7.0-L twin-turbocharged yang memproduksi tenaga 1.350 hp dan torsi 1.735 Nm. Hasil kerjasama dengan Nelson Racing Engines ini memungkinkan Tuatara berakselerasi 1 – 100 km/jam dalam waktu 2,5 detik. Sedangkan 0 – 200 km/jam dalam waktu 9,75 detik dengan top speed mencapai 444 km/jam.

Tentunya angka tersebut harus diperbaiki lagi mengingat tahun lalu, Koenigsegg Agera RS membukukan waktu 447,2 km/jam. Dan menjadi salah satu rival terbesar dari hypercar lainnya yang juga mencatat sejumlah prestasi menakjubkan yaitu Bugatti Veyron Super Sport. Oh ya, nama Tuatara sendiri diambil dari salah satu jenis kadal asli asal New Zealand. Dan seperti diketahui kadal merupakan salah satu binatang yang mudah beradaptasi dengan alam.

Source  : Motor Authority