Destinasi Diving Eksotik Indonesia

Indonesia memang dikenal memiliki alam yang luar biasa indah. Bukan hanya dikenal dalam negeri, namun keindahan Indonesia juga sudah mencapai mancanegara. Salah satu pesona wisata yang menjadi daya tarik wisatawan adalah indahnya alam bawah laut yang ada di perairan Nusantara.

Hal ini membuat Indonesia kerap menjadi tujuan diving atau olahraga selam bagi banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Nah, di mana saja sih letak lokasi diving nan eksotik di Indonesia?

1. Raja Ampat

Raja Ampat tak hanya terkenal akan keindahan bentang alamnya, namun juga sebagai titik diving terbaik di Indonesia yang telah mendunia. Kawasan kepulauan sekitar Raja Ampat merupakan rumah bagi 75% spesies terumbu karang yang ada di dunia. Hal ini tentunya menawarkan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan bagi para penyelam. Beberapa titik selam favorit di kawasan ini antara lain ada di Masuar Island, Chicken Reef, Mike’s Point, hingga Blue Magic.

2. Wakatobi

Kawasan Wakatobi juga merupakan cagar biosfer dunia yang dikenal sebagai salah satu destinasi diving terbaik yang ada di Indonesia. Titik selam terbaik yang ada di Wakatobi terdapat di Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan juga Binongko.

3. Pulau Weh

Pulau Weh juga dikenal sebagai salah satu destinasi diving terbaik. Beberapa pilihan titik selam favorit yang ada di kawasan ini antara lain Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Seulako, dan juga Pulau Rubiah.

4. Bunaken

Taman Nasional Bunaken yang berada di Manado, Sulawesi Utara juga memiliki spot diving terbaik. Terdapat puluhan titik selam dengan kedalaman yang bervariasi, Bunaken menawarkan kekayaan Hayati yang memukau. Berbagai spesies terumbu karang indah dan biota laut menarik seperti Ikan Duyung, Lumba-Lumba, hingga ikan purba Choelacanth bisa ditemukan di titik selam kawasan Bunaken.

5. Bali

Bali memang surga wisata yang takkan pernah habis pesonannya. Mulai dari beragam keindahan pantai, lokasi surfing yang menantang, adat budaya yang indah, hingga alam bawah laut menawan yang cocok untuk para divers. Ada banyak sekali pilihan titik selam terbaik di Pulau Dewata yang bisa dijelajahi mulai dari Penida Bay, Batu Abah, Manta Point, hingga Malibu Point di Nusa Penida, hingga di Pulau Menjangan, dan kawasan Pantai Timur Bali seperti Amuk Bay, Gili Tepekong, dan juga Blue Lagoon.

Indonesia memang kaya akan alamnya. Nah tugas kita adalah menjaga bumi pertiwi tetap lestari ya, agar bisa terus dinikmati hingga generasi selanjutnya.