Dewan Motor Sport Dunia Setujui Aturan Baru F1

Menyusul kalender lomba baru yang dikeluarkan, Dewan Olahraga Motor Dunia FIA juga telah menyetujui perubahan rancangan yang dibuat untuk peraturan lomba Formula 1 tahun 2020 ini. Perubahan ini dilakukan menyesuaikan kondisi terakhir dari penyebaran pandemic Covid-19.

Perubahan yang dilakukan termasuk diantaranya amandemen untuk berbagai prosedur lomba, praktik pelaksanaan naik podium, peraturan start grid dan juga jam malam. Standarisasi alokasi penggunaan ban juga akan diperkenalkan. Perubahan menyeluruh yang dilakukan meliputi :

  • Memberikan kewenangan bagi steward untuk mengoperasikan dari jarak jauh jika untuk keadaan yang luar biasa.
  • Menyesuaikan aturan agar bekerja di bawah jarak aman sosial yang dianjurkan.
  • Amandemen peraturan menyangkut alokasi ban untuk memberikan fleksibiltas operasional yang lebih besar kepada FIA dan Pirelli.
  • Pengenalan batas personil tim di grid awal lintasan.
  • Penyesuaian untuk prosedur balapan tertentu.Mulai dari start, melanjutkan perlombaan dan lain-lain).
  • Lalu ada juga definisi untuk upacara di atas podium yang dilakukan secara terbuka atau tertutup memenuhi pembatasan Covid-19.

Masih ada pula perubahan peraturan untuk musim F1 mendatang, termasuk untuk musim lomba 2020 dan 2021. Penyesuaian dan penyempurnaan daftar komponen homolog yang baru diperkenalkan dan yang berkaitan dengan aliran bahan bakar.

DI tahun 2021 nanti juga akan ada penyempurnaan terhadap pembatasan pengujian aerodinamik dalam peraturan olahraga. Untuk peraturan secara teknis akan menampilkan dua langkah penghematan biaya baru.

Pertama pembatasan jumlah versi perangkat lunak yang dapat digunakan oleh satu tim selama satu musim. Dan yang kedua adalah peraturan untuk batasan jumlah formulasi bahan bakar dan spesifikasi oli mesin yang boleh disetujui dalam satu tahun.

Source : Formula 1