Didukung Keluarga Tersayang

Sudah berkecimpung hampir 20 tahun membuat Zamzam sudah mengerti dan mengenal betul seluk beluk pelapisan jok dan interior mobil. Hal itu pula yang menghantarkan dirinya untuk serius menekuni bidang tersebut, hingga akhirnya kini membuka workshop di Purwakarta. “Saya mulai berkecimpung sejak tahun 2000, waktu itu masih SMP dan ikut sama orang di Bandung,” buka Zamzam.

“Sampai akhirnya dalam lima tahun terakhir mulai serius usaha sendiri dengan nama Rash Cars, diambil dari nama anak pertama; Rashya,” tambahnya lagi. Berdasarkan usulan dari seorang kerabatnya, Zamzam kemudian memilih kota Purwakarta karena belum banyak seatmaker mobil di daerah tersebut. Di sini Zamzam bekerjasama dengan sejumlah sales dealer dan juga showroom mobil bekas.

“Selain pelanggan yang datang langsung, saya juga berhubungan dengan dealer mobil Daihatsu, Toyota dan juga beberapa showroom mobkas yang ada di sekitar sini,” terang pria yang dikarunia 3 orang anak ini. “Jadi biasanya mereka menawarkan paket untuk upgrade interior mobil baru yang dibeli customernya. Bisa juga jok dan interior mobil bekas yang mau dijual lagi, biasanya dirapikan dulu sama pihak showroom, itu kita yang kerjakan,” jelas Zamzam yang ketika dijumpai sedang mengerjakan order untuk jok mobil Daihatsu Terios 2020 menggunakan varian MBtech Giorgio.

Support juga diberikan oleh sang istri selama memulai usahanya. Termasuk dilibatkan sebagai admin dan marketing media sosial atau online untuk membesarkan nama Rash Cars. Tidak hanya sang istri, bahkan sang anaklah; Rashya yang memberikan dukungan agar dirinya mengirimkan karya jok dan mengikuti kontes jok online MBtech DWSA 2019 belum lama ini.

Hasilnya pun cukup memuaskan, melalui jok Toyota Kijang Grand yang ia buat dan desain sendiri masuk dalam nominasi sepuluh besar dan berhasil menyabet posisi ketujuh. “Alhamdulillah efeknya sejak itu terasa. Sekarang ada saja telpon yang bertanya dan akhirnya order pengerjaan jok di Rash Cars,” tutup Zamzam yang sehari-hari bisa dijumpai di workshopnya di Jl. Irigasi Ciseureuh, Purwakarta.