Dominasi Produsen Jerman di Paris Motor Show 2018

Raksasa-raksasa otomotif Jerman antara lain BMW, Mercedes- Benz, serta beberapa merek dari grup Volkswagen yakni Porsche, Skoda, dan Audi, mendominasi pameran Paris Motor Show di Porte de Versailles, Prancis, 4-14 Oktober 2018.

Para pabrikan Jerman itu menjadikan Paris Motor Show sebagai panggung untuk memperkenalkan beberapa model penerus yang sudah ada sebelumnya, hingga merilis mobil berpenggerak listrik.

Analis otomotif dari Kelley Blue Book, Rebecca Lindland, mengatakan dominasi pabrikan Jerman pada pamaran itu terjadi karena pergeseran tren kendaraan dari model konvensional ke era elektrifikasi.

“Tampaknya lebih banyak merek yang memilih absen ketimbang hadir,” kata Rebecca Lindland dilansir Bloomberg, Sabtu (29/9) waktu setempat.

“Benar-benar, tampaknya Paris Motor Show mengalami efek pergeseran tren seperti halnya sektor otomotif tradisional,” katanya kemudian menyinggung ketidakhadiran beberapa merek antara lain Fiat Chrysler, Mini Cooper, dan Nissan.

Ia juga menyebutkan biaya pameran yang mahal, sekira sejuta dolar AS tiap anjungan, menjadi pertimbangan sejumlah pabrikan untuk tidak ikut berpameran di Paris.

Volvo misalnya yang memilih meluncurkan Polestar di Pebble Beach, California, dan menggencarkan pemasaran lewat media sosial ketimbang mejeng di Paris. Polestar juga dipromosikan pada acara-acara kecil di New York.

“Ada alasan bagi lebih banyak merek untuk menghadiri pameran dagang, asalkan masih masuk akal dari perspektif nilai,” kata kepala komunikasi Polestar, John Paolo Canton.

Dominasi Jerman

Dominasi Jeman kian terasa dengan absennya sejumlah merek ternama antara lain Lamborghini, Bentley, Rolls-Royce, Aston Martin, Maserati, dan McLaren.

Keikutsertaan BMW dan Mercedes-Benz yang akan menawarkan banyak model baru, menjadikan Paris tuan rumah bagi dua raksasa Jerman itu.

“BMW akan memenangkan acara karena sedikit hal yang ditawarkan pabrikan lain, kecuali apabila ada kejutan,” kata Lindland.

BMW mengumumkan akan meluncurkan beberapa model termasuk Vision iNEXT SUV, BMW M340i M, BMW Z4, BMW Seri 8 Coupe, serta BMW X5 generasi keempat dan BMW M5 terbaru.

Saingan BMW, Mercedes-Benz juga tidak mau kalah dengan mengumumkan tujuh kendaraan baru, dengan model yang paling ditunggu adalah B-Class dan Hatchback AMG A35 yang dijuluki “hot hatch”. Mercy GLE generasi terbaru juga akan diperkenalkan pada pameran itu.

Kendati tidak mengenalkan banyak model, namun Audi bisa bersaing dengan pabrikan Jerman lainnya dengan memperkenalkan SUV listrik E-Tron, hatchback empat pintu A1, dan SUV kompak Q3.

Porsche akan memperkenalkan Macan versi terbaru, sedangkan mobil sport listrik Porsche Taycan kemungkinan akan disimpan sebelum diperkenalkan pada Jenewa Auto Show tahun depan bersama model 911 dan 992 terbaru, demikian dilansir berbagai sumber.

copyright © antara 2018