Empat Gol Mbappe Antar PSG Pimpin Klasemen

Penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, tampil apik dan menyumbangkan empat gol saat timnya menghancurkan Olympique Lyon dengan skor 5-0 dalam pertandingan Liga Prancis di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Senin dini hari WIB.

Caturgol Mbappe melengkapi gol pembuka keunggulan PSG yang dicetak Neymar lewat titik putih, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Prancis.

Hasil tersebut sekaligus membuat PSG memecahkan rekor baru sembilan kemenangan beruntun di awal musim divisi tertinggi sepak bola Prancis, yang sebelumnya dimiliki klub lawas Olympique Lillois –yang pada 1944 merger dengan SC Fives dan sampai saat ini dikenal sebagai Lile OSC– dengan delapan kemenangan pada awal musim 1936.

Selain itu kemenangan itu membuat PSG kian menjauh dari kejaran pesaing mereka di puncak klasemen dengan koleksi 27 poin.

Petaka bagi Lyon seolah sudah diramalkan sejak laga baru dimulai saat kapten mereka, Nabil Fekir, harus ditarik keluar saat pertandingan memasuki enam menit setelah ia kesakitan akibat berduel dengan kapten tuan rumah Thiago Silva.

Pembukaan pertandingan semakin buruk bagi tim tamu ketika kiper Anthony Lopes melanggar Mbappe di kotak terlarang dan Neymar sukses mengeksekusi penalti untuk membuka keunggulan PSG pada saat laga baru berjalan sembilan menit.

Namun Lyon mendapat keuntungan setelah bek PSG Presnel Kimpembe diusir dari lapangan pada menit ke-32 karena pelanggarannya terhadap Tanguy Ndombele setelah dilakukan peninjauan VAR, namun hal itu tidak bertahan lama lantaran Lucas Tousart juga diusir keluar lapangan menjelang turun minum karena mendapatkan kartu kuning kedua.

Pada babak kedua yang mempertemukan sepuluh melawan sepuluh pemain, situasinya menjanjikan permainan berlangsung lebih terbuka dan Mbappe serta Max Cornet memiliki peluang satu-lawan-satu di kedua sisi lapangan. Situasi kacau terjadi pada menit ke-52, ketika tembakan Thiago Silva mengenai kepala Cornet dan bola membentur tiang gawang.

Mbappe menyia-nyiakan sejumlah peluang sebelum mencetak gol keduanya untuk PSG pada menit ke-61 dengan tembakan kaki kiri.

Lima menit berselang ia menyambar umpan silang Marquinhos sebelum melengkapi trigolnya pada menit ke-69, ketika ia mencungkil bola melewati Lopes setelah mendapat operan bagus dari Neymar.

Gol keempatnya tercipta pada menit ke-74 ketika ia melepaskan sepakan melewati sela-sela kaki Jason Denayer setelah tembakan Neymar membentur tubuh Jeremy Morel.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Prancis:

Paris Saint-Germain (4-2-3-1): Buffon, Meunier, Silva, Kimpembe, Bernat, Verratti (Draxler 75′), Marquinhos, Mbappe, Neymar, Di Maria (Diaby 84′), Cavani (Kehrer 39′)
Pelatih: Lucien Favre

Olympique Lyon (4-2-3-1): Lopes, Da Silva (Dubois 42′), Denayer, Morel, Mendy, Tousart, Ndombele, Traore, Fekir (Cornet 7′(Diop 78′)), Aouar, Depay
Pelatih: Bruno Genesio

copyright © antara 2018