Euro Look XMAX

Skuter matik Yamaha seperti XMAX maupun TMAX yang dipasarkan di benua Eropa menjadi perhatian para pengguna skutik Maxi Yamaha di Indonesia. Khususnya di sektor jok, versi luar lebih mewah dan berbeda dibanding jok rakitan lokal, karena jok di kedua model tersebut punya sandaran bokong.

Nah trend itu dilihat oleh seatmaker Anjar dari Vallen Jok sebagai peluang untuk tampil beda dalam membuat sebuah jok custom berlapis bahan MBtech. Untuk gaya ia mengacu kepada desain jok milik Yamaha TMAX 530. “Insya Allah pelopor nih mas,” senyumnya.

Demi gaya itu, Anjar harus mencetak rangka jok baru dari fiberglass, untuk dimensi tetap mengikuti jok ori XMAX, tetapi khusus dipermukaan dibuat berbeda mengikuti lekukan jok asli TMAX.  “Harusnya di ujung bisa dibuka, karena ini custom jadi hanya kamuflase aja, dan terakhis permukaan fiber dibuat halus dan dicat abu-abu,” ulas Anjar.

Jok yang dijuluki New Europe Style ini diorder spesial untuk dipasangkan ke Yamaha XMAX 250 milik Ohlins Indonesia. Mengacu kepada foto XMAX display Ohlins yang diberikan kepada Anjar, ia membuatkan desain menyerupai livery bodi, seperti desain garis-garis dan aplikasi warna kebesaran Ohlins, mulai dari kuning, putih, hitam dan biru. “Untungnya, koleksi warna itu ada di varian MBtech Premium – Carrera dan MBtech Riders,” lanjutnya.

Pada bagian permukaan jok depan digunakan warna Black (MBPC 1001) dan tak lupa kehadiran striping di sisi samping dengan kombinasi warna White (MBRC 2303), Yellow (MBRC 2307) dan Blue (MBRC 2309). Nah di sandaran bokong yang bisa di setel maju – mundur itu cukup dilapis hitam dan putih sekaligus diberikan bordir logo Ohlins.

Sisanya di buritan jok cukup diberikan warna kuning yang dibelah sebuah striping warna putih dan biru. “Kesannya warna kuningnya seperti cover single seater,” bangga seatmaker yang hobi turing itu.

Karena statusnya motor display untuk konsumen Ohlins, pastinya XMAX ini dibekali sokbreker tabung berkelir emas dan kuning. Sisanya cukup aksesoris ringan yang terpasang, mulai alas kaki dari aluminium, dudukan GPS, selang rem performa tinggi, dan knalpot racing. “Selebihnya standar pabrik om,” tutup Anggi sebagai staff marketing yang mengurusi motor ini.