F1 Konfirm GP Vietnam Untuk Musim 2020

Penyelenggara balap jet darat Formula 1 bersama pejabat kota Hanoi baru saja mengumumkan kesediaannya untuk menyelenggarakan Grand Prix Vietnam pertama pada tahun 2020. Ini menjadi lokasi baru pertama yang diumumkan pemilik baru F1 yaitu Liberty Media, yang telah mengamati negara di Asia Tenggara yang berpotensi sebagai penyelenggara.

Hal ini juga menjadi strategi langkah panjang F1 untuk memperluas daya tarik olahraga tersebut dengan menyelenggarakan balapan di lokasi baru. Meski belum dipastikan untuk kalender lomba 2019 siap menjadi tuan rumah dari 21 lomba yang direncanakan.

Konfirmasi Grand Prix Vietnam juga hanya berselang satu bulan setelah mobil pertama Vietnam, yaitu Vinfast memulai debutnya di panggung otomotif dunia. Kebetulan pula Vinfast adalah bagian dari Vingroup, konglomerat Vietnam yang juga merupakan promotor baru balapan F1. Sirkuit dengan trek jalanan sepanjang 5.565 km ini dirancang oleh arsitek sirkuit Hermann Tilke dan telah disesuaikan dengan kondisi jalan di pusat kota Hanoi.

Sirkuit ini juga memasukkan beberapa unsur dari jalur sirkuit balap yang sudah ada, termasuk sirkuit Nurburgring, sirkuit jalanan Monako hingga sirkuit Suzuka Jepang, termasuk adanya trek lurus sepanjang 1,6 km yang memungkinkan mobil F1 dapat dipacu hingga 335 km/jam.

Grand Prix Vietnam diharapkan telah rampung di tahun 2020 atau satu tahun sebelum diperkenalkan pembalap F1 musim berikutnya di 2021.

Source : Motor Authority