Ford Gandeng McDonald Ciptakan Parts Ramah Lingkungan

Ford Motor Company dan McDonalds di Amerika Serikat sepakat untuk berkerjasama dalam penggunaan material komponen mobil dari bahan dasar kopi.

Ford menemukan bahwa sekam atau limbah kopi dapat dikonversi menjadi bahan yang tahan lama dan bisa dibentuk sebagai suku cadang kendaraan tertentu. Dengan memanaskan sekam ke suhu tinggi di bawah oksigen rendah, lalu mencampurnya dengan plastik dan aditif lainnya makan bahan dapat diolah menjadi berbagai bentuk.

Setelah diujicoba, komposit sekam memenuhi spesifikasi kualitas untuk suku cadang seperti batok lampu dan komponen interior lainnya yang biasanya terbuat dari plastik. Berkat teknologi daur ulang ini membuat komponen yang dihasilkan 20% lebih ringan dan lebih efisien 25% dalam proses produksinya.

Menurut Ford, ini adalah pertama kalinya Ford menggunakan kulit biji kopi untuk dikonversi menjadi bagian-bagian kendaraan tertentu.

Kolaborasi dengan Ford dan McDonalds adalah contoh terbaru dari pendekatan inovatif yang dilakukan keduanya terhadap produk dan pengeloloaan lingkungan. Proyek ini juga melibatkan Varroc Lightning Systems, yang memasok lampu depan kepada Ford dan Competitive Green Technologies, produser sekam kopi yang biasa mendapat order dari McDonalds.