Ford Kalahkan Ferrari

Pada era ’60-an, Ferrari dikenal digdaya di balap mobil ketahanan. Saat itu mobil balapnya sulit dikalahkan. Hal itu membikin penasaran Henry Ford II, dan saat mendengar Enzo Ferrari berniat menjual Ferrari, Ford berfikir untuk membeli mobil-mobilnya.

Singkat cerita, utusan dari Ford terbang ke markas Enzo Ferrari untuk bernegosiasi membeli Ferrari. Faktanya tawaran Ford itu ditolak oleh Enzo dan membuat Henry Ford II geram. Langsung saat itu juga ia memutuskan untuk membuat sendiri mobil balap ketahanan.

Dendam pribadi sang putra pendiri Ford itu membuat Ford berkerjasama dengan Lola Company di Inggris untuk dibuatkan mobil balap bernama Ford GT-40 Mark 1. Sekitar tahun 1963 akhir mobil tersebut selesai di riset dan siap diujicoba pada balap Le Mans pada bulan April setahun setelahnya.

Tidak hanya kejuaraan Le Mans, beberapa balap ketahanan lain seperti Daytona dan sebagainya dijadikan ajang pengujian sesungguhnya dari GT-40 Mk 1. Berkat data riil dari mobil yang dipakai balapan tersebut, para insinyur Ford berhasil menyempurnakan spesifikasi teknis GT-40 Mk I menjadi lebih baik.

Akhirnya setingan mesin V8 berkapasitas 7.0 Liter dan bagian lainnya itu telah final, barulah mereka berani menawarkan unit baru GT-40 Mark II ke beberapa tim balap asuhan Ford Motor Company.

Atas instruksi Henry Ford II, tim balap seperti Shelby, Holman & Moody, Essex, Allan Mann, Ford France menurunkan skuad Ford di kejuaraan LeMans di tahun 1966 sebanyak 8 unit. Fakta menarik dari mobil baru Ford itu bikin Enzo Ferrari bergetar hatinya begitu mengetahui betapa bengisnya performa dari GT-40 Mk II.

Enzo menjadi saksi mobil Ford mampu meraih rekor baru di LeMans pada sesi kualifikasi. Satu sampai empat GT-40 berhasil meraih pole position, bahkan berhasil meraih rekor baru 3 menit 31 detik untuk 1 putarannya. Tak hanya itu, kecepatannya pun bikin takjub, yaitu 227,2 kpj.

Tidak itu saja dalam perlombaan yang dihelat 18-19 Juni 1966 itu, ketiga Ford GT-40 Mk II berhasil masuk finish bersamaan mengalahkan dominasi Ferrari 330 P3 dan Porsche. Skuad GT40 Mk II yang menjadi juara 1 adalah Bruce McLaren, kemudian Ken Miles #2 dan Ronnie Bucknum.

Walau banyak intrik di internal tim Ford di Le Mans, namun capaian tersebut menjadi momen penting bagi Ford Motor Company dan sejarah di dunia motorsport. Bahkan, sampai difilmkan ke layar lebar dengan judul ‘Ford vs Ferrari’.

Leave a Comment