Posted on by @rief

Formula 1 Akan Terapkan Peraturan Baru di Musim 2021

Selain menyaksikan balapan mobil dengan cepat, sepertinya tidak ada hal menarik lain yang dijumpai dari balapan Formula 1. Fakta seperti ini dirasakan juga oleh banyak penggemar F1 yang merasa selain dikuasai oleh segelintir pabrikan besar seperti Mercedes, Ferrari dan Red Bull yang memiliki budget tak terbatas perlu ada hal baru yang bisa ditampilkan pada lomba balap jet darat ini.

Hal ini pula yang dirasakan oleh FIA dengan mengeluarkan peraturan dan regulasi baru untuk badan sanksi F1 musim 2021. Sehingga lomba balap F1 jadi lebih menyenangkan baik secara estetika tanpa mengurangi kecepatan.

Pertama adalah batasan pengeluaran dana yang bisa untuk sebuah mobil. Peraturan baru menyebutkan batas biaya untuk satu tim adalah $ 175 juta atau Rp 2,4 milyaran. Tentu nominal tersebut dibedakan dengan anggaran tim untuk gaji pembalap, biaya marketing, transportasi dan sejumlah pengeluaran lainnya.

Lalu aerodinamika dibuat lebih sederhana. Keseimbangan drag dan downforce memberi hasil maksimal pada sebuah mobil. Namun tak jarang hal tersebut memberikan efek negatif pada mobil di belakangnya dengan menciptakan turbulansi udara. Aturan baru mengharuskan mobil tidak boleh meninggalkan jalur udara buruk ketika berlomba. Hasilnya dasain sayap harus diubah, begitu pula dengan penggunaan panel lantai kabin.

Penggunaan wind tunnel juga dibatasi. Hal ini disebabkan hampir seluruh tim bergantung dari hasil simulasi perhitungan dinamika udara untuk mendapatkan desain yang maksimal. Jika saat ini penggunaan wind tunnel tidak dibatasi sehingga tim dengan anggaran besar dapat memanfaatkannya, maka aturan baru membatasi penggunaan wind tunnel maksimal sebanyak 400 kali per musim. Jumlah itu juga akan diturunkan menjadi 320 pada tahun berikutnya.

Aturan lainnya adalah mobil yang digunakan untuk latihan tidak boleh lagi mendapat tambahan bagian baru dan harus menjadi mobil yang digunakan juga saat balapan. Jadi tim tidak boleh mengubah atau menambah bagian mobil yang digunakan pada saat latihan di hari Jumat.

Dan terakhir adalah pada tahun 2021 mobil F1 yang digunakan harus menampilkan desain bodi yang sangat keren. Sayap depan lebih sederhana, sayap belakang dibuat lebih besar dan roda ukuran 18 inci dengan profil ban tipis sehingga mobil menjadi lebih futuristik dan sporty. Tentu hal ini hanya sebagian dari perubahan yang dilakukan untuk membuat balap F1 menjadi lebih baik dan menarik lagi.

Source : Motortrend

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store