Posted on by Dhika

Fregat AH140 Akan Perkuat TNI AL

Angkatan Laut Indonesia akan diperkuat kapal baru berteknologi dari Inggris. PT PAL Indonesia akan bekerja sama dengan perusahaan Babcock International di London untuk membangun kapal fregat tipe 31 Arrowhead (AH) 140 untuk Angkatan Laut Indonesia. Kapal perang ringan ini mengutamakan kecepatan dan kemampuan manuver.

Teknologi kapal AH140 disebut-sebut salah satu yang tercanggih pada saat ini. Kapal ini dibekali peluncur rudal permukaan ke udara vertikal jarak sedang sebanyak 24 buah dan jarak jauh sebanyak 32 buah. Selain itu, kapal perang AH140 juga akan dilengkapi dengan peluncur rudal vertikal ke permukaan jarak jauh sebanyak 16 unit.

 

Fregat AH140 memiliki dek penerbangan yang cukup besar di bagian belakang, sehingga dapat menampung helikopter AW-101 Merlin atau MH-60 Seahawk. Kapal perang ini juga memiliki teknologi helicopter in-flight refueling atau pengisian bahan bakar helikopter ketika terbang.

 

Selain itu, fregat AH140 akan dilengkapi oleh sistem informasi taktikal dan komando Thales (TACTICOS), sebuah sistem peperangan yang meningkatkan kemampuan tempur kapal perang. Sistem tersebut meliputi sejumlah sensor, termasuk navigasi radar jarak dekat dan menengah, kontrol api, kontrol helikopter, dan pengawasan situasional pada kru kapal. Wah semakin kuat nih pertahanan Indonesia, khususnya untuk kelautan Indonesia. Jaya terus Indonesia!

 


Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store